Selasa, 10 April 2018

10 Tempat Wisata Di Belitung Yang Rekomended dan Dekat Kota

Tempat Wisata Di Belitung

Pulau Belitung atau Belitung adalah salah satu pulau besar selain Pulau Bangka yang ada Provinsi Bangka Belitung. Pulau ini terletak di bagian timur Sumatera dan diapit oleh dua selat yakni Selat Gaspar dan Selat Karimata.

Nama Belitung sangat identik dengan sebuah film yang berjudul 'Laskar Pelangi' yang diangkat dari sebuah novel karya Andrea Hirata. Hampir seluruh tempat syuting dalam film tersebut berada di Pulau Belitung. Di dalam film tersebut dapat dilihat betapa indahnya Pulau Bangka dengan tempat wisatanya pantainya yang begitu mengagumkan.

Belitung memiliki banyak sekali tempat wisata yang mempesona. Pulau dengan luas sekitar 4.800 km² ini memiliki tempat wisata pantai dengan pemandangan yang sangat indah tidak kalah dengan tempat wisata pantai yang ada di Pulau Lombok. Tempat Wisata Belitung terdiri dari wisata bahari seperti wisata pantai dan wisata pulau namun terdapat juga tempat wisata lainnya seperti wisata sejarah yang sangat menarik untuk di kunjungi. 


Baca juga : 
Jika liburan ke Belitung anda wajib mengunjungi 10 tempat wisata di Belitung berikut ini. Tempat wisata tersebut tidak hanya memiliki pemandangan yang indah namun juga berada di dekat dengan kota sehingga sangat mudah untuk berkunjung ke sana.


  • Pantai Nyiur Melambai

wisata-belitung
www.instagram.com/elenaleonardo/
Tempat wisata belitung yang pertama adalah Pantai Nyiur Melambai atau yang biasa disebut oleh masyarakat sekitar dengan nama Pantai Lalang. Sesuai dengan sebutan namanya, pantai ini terletak di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur.

Jika biasanya setiap pantai di Belitung selalu dihiasi dengan batu batu granit yang besar namun berbeda dengan Pantai Nyuir Melambai yang satu ini. Di pantai ini tidak terdapat batu batu granit yang ada hanyalah bentangan pasir pantai yang berwarnah putih dengan teksture yang lembut.

Di pinggir pantai terdapat pepohonan cemara yang tumbuh lebat yang membuat suasana disekitar pantai menjadi sejuk dan teduh. Dan juga terdapat beberapa tempat duduk yang memiliki payung yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati suasana pantai.

Waktu yang tepat untuk mengujungi tempat Pantai Nyiur Melambai adalah pada saat pagi hari. Karena wisatawan dapat menyaksikan pesona sunrise atau matahari terbit yang sangat menakjubkan. Jarak pantai ini hanya sekitar 1,5 km dari pusat Kota Belitung Timur. Untuk menuju ke tempat ini wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribandi ataupun menggunakan jasa tukang ojek.


  • Pulau Lengkuas
wisata-belitung
www.instagram.com/rendy_218/

Tempat wisata belitung yang wajib di kunjungi selanjutnya adalah Pulau Lengkuas. Pulau ini adalah salah satu tempat wisata favorit di Pulau Belitung bahkan di Provinsi Bangka Belitung. Pulau Lengkuas merupakan sebuah pulau yang terletak di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk.

Satu hal yang menjadi daya tarik di Pulau Lengkuas sehingga selalu ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan adalah adanya sebuah mercusuar yang berada di tengah pulau. Mercusuar tersebut merupakan peninggalan kolonian belanda pada tahun 1882. Namun masih berfungsi dengan baik hingga saat ini.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan ke tempat ini seperti menaikin mercusuar, berkeliling pulau, melihat penangkaran penyu dan yang paling seru yakni snorkeling atau diving. Pulau ini memiliki banyak spot spot diving yang bagus dengan pemandangan bawah lautnya yang sangat eksotis.

Rute untuk menuju Pulau Lengkuas terdiri dari 3 rute, yakni dari Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Binga dan Pantai Tanjung Tinggi. Dari ketiga rute tersebut hanya dari Pantai Tanjung Kelayang yang merupakan rute tercepat yakni sekitar 20 menit menggunakan perahu nelayan.


  • Pantai Tanjung Tinggi 
wisata-belitung
www.instagram.com/travelmaps.id/

Jika kalian pernah menonton film Laskar Pelangi mungkin kalian akan mengenal pantai yang satu ini. Pantai ini dulunya pernah dijadikan sebagai salah satu tempat shooting di film Laskar Pelangi bahkan banyak orang yang menyebut pantai ini dengan nama Pantai Laskar Pelangi.

Pantai Tanjung Tinggi adalah sebuah pantai yang memiliki pesona batu granitnya yang sangat eksotis. Pantai ini memiliki batu granit yang berukuran sangat besar, bahkan beberapa batu memiliki ukuran yang lebih besar dari pada sebuah rumah.

Pantai Tanjung Tinggi juga sangat terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Dengan kondisi gelombangnya yang kecil dan arus airnya yang relatif tenang membuat wisatawan dapat leluasa untuk bersnorkeling di pantai ini. Ketika bersnorkeling, wisatawan dapat melihat gerombolang ikan bolo bolo yang berenang di sekitar pinggir pantai. Beberapa jenis tumbuhan lamun atau rumput laut yang menghiasi dasar laut. Semakin ke tengah wisatawan dapat melihat beberapa jenis terumbu karang yang tumbuh.

  • Pantai Tanjung Kelayang 
wisata-belitung
www.instagram.com/massuril282/
Pantai Tanjung Kelayang juga pernah digunakan sebagai tempat salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi selain Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini terletak Kecamatan Sijuk, jaraknya sekitar 27 kilometer dari Pusar Kota Tanjung Pandan. Perjalanan dapat ditemupuh dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua atua pun roda empat.

Setibanya di Pantai Tanjung Kelayang wisatawan akan disambut dengan papan yang berukuran raksasa. Papan tersebut berisikan tulisan 'Welcome To Belitong'. Biasanya setiap wisatawan yang datang ketempat in selalu untuk menyempatkan berfoto dengan latar belakang papan tersebut.

Pantai Tanjung Kelayang memiliki pasif putih yang berteksture lembut. Selain itu air lautnya yang jernih sehingga memungkinkan wisatawan untuk berenang melihat keindahan bawah lautnya. Pantai ini juga memiliki bebantuan granit yang berukuran sangat besar, namun ada sesuatu yang unik pada bantu granit yang ada di pulau ini yakni berbentuk kepala burung garuda.

Di sekitar Pantai Tanjung Kelayang terdapat sebuah Pulau Lengkuas. Pantai ini menjadi salah satu tempat yang biasa di kunjungi wisatawan ketika ingin menyeberang ke Pulau Lengkuas.


  • Pulau Pasir
wisata-belitung
www.instagram.com/_febrain/

Di dekat Pantai Tanjung Kelayang terdapat sebuah pulau unik yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Masyaratkan Belitung menyebut pulau tersebut adalah gosong, namun pulau tersebut lebih dikenal dengan nama Pulau Pasir. Pulau Pasir adalah sebuah hamparan gundunkan pasir yang berada di tengah laut.

Mengunjungi Pulau Pasir akan membuat wisatawan merasakan seperti terdapat pada sebuah pulau terpencil di tengah laut hal tersebut dikarenakan di sekeliling pulau ini hanyalah hamparan birunya air laut. Untuk mengujungi pulau ini memanglah tidak sembarang waktu. Waktu yang tepat yakni pada saat air laut sedang surut. Karena pada saat air laut sedang pasang, gundukan pasir tersebut akan menggelam di bawah air laut.

Pemandangan di Pulau Pasir sangatlah eksotis. Dengan hamparan pasir putih yang dikelilingi oleh air laut yang bewarna biru membuat wisatawan menjadi terpesona. Salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan di tempat ini yakni berfoto ria. Di pulau ini juga wisatawan dapat menemukan binatang laut yakni bintang laut yang biasa terdapar di Pulau Pasir.


  • Danau Kaolin 
wisata-belitung
www.instagram.com/angelinelinn/

Danau Kaolin merupakan sebuah tempat wisata di Belitung selain pantai. Danau Kaolin adalah sebuah danau yang memiliki air berwarna biru tosca dengan datarannya yang berwarna putih. Sebenarnya danau ini merupakan sebuah kawasan bekas galian penambangan mineral kaolin yang sudah lama tidak beroperasi.

Meskipun hanyalah sebuah kawan bekas tambang, namun pemandangan di Danau Kaoling mampu memukau setiap wisatawan yang datang berkunjung. Hamparan daratan yang berwarnah putih berpadu dengan birunya air. Tak lengkap rasanya jika tidak mengabdikan moment yang indah ini dengan mengambil beberapa foto.

Danau Kaolin selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang penasaran dengan keindahaannya. Letaknya yang tak jauh dari Bandara di Tanjung Pandan hanya sekitar 10 menit berkendara membuat tempat ini selalu menjadi tempat wisata favorit di Pulau Belitung.


  • Pulau Leebong
wisata-belitung
www.instagram.com/christinasusilo/
Tempat wisata Belitung selanjutnya adalah sebuah pulau yang terletak di pantai Barat Pulau Belitung yakni Pulau Leebong. Pulau Leebong merupakan salah satu tempat wisata favorit di Belitung, pulau ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang berwisata ke Pulau Belitung. Pulau Leebong memang sudah disiapkan sebagai salah satu tempat wisata andalan di Pulau Bangka.

Jika dibandingkan dengan pulau pulau yang ada di Belitung, Pulau Leebong merupakan sebuah pulau yang memiliki pemandangan yang sangat indah tak heran jika pulau ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Selain memiliki pemandangan yang sangat indah, pulau yang luasnya sekitar 37 hektar ini juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap.

Mulai dari villa, rumah pohon, gazebo yang berada di pinggir pantai, lestoran, hingga sarana olahraga airnya seperti kayak/kano, stand up paddle, sepeda, jet ski, banan boat, dll. Di pulau ini juga sangat terkenal dengan spot snorkelingnya yang sangat menawan. Dengan air lautnya yang jenih dan ombak dan arusnya yang tenang sehingga memungkinkan untuk wisatawan dapat leluasa bersnorkeling dengan bebas.

Untuk menuju ke Pulau Leebong wisatawan harus menuju Pelabuhan Tanjung Ru terlebih dahulu. Setelah tiba di Pelabuhan Tanjung Ru selanjutnya perjalanan di lanjutkan dengan menggunakan kapal/perahu motor selama 20 menuju Pulau Leebong.

  • Bukit Pangkuan
wisata-belitung
www.instagram.com/florencia_wen/
Pulau Bangka tidak hanya memiliki tempat wisata bahari saja, namun juga memiliki tempat agrowisata dengan keindahan alam yang mempesona. Tempat wisata tersebut yakni Bukit Pangkuan yang terletak di Kabupaten Belitung Timur.

Bukit Pangkuan memiliki panorama perbukitan hijau yang sangat indah karena berada di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Di tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainain yang siap menantang setiap wisatawan yang datang berkunjung. Salah satu wahana permainan yang menjadi favorit pengunjung adalah flying fox.

Sejak di buka pada tahun 2013 yang lalu, tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun wisatawan mancanegara yang ingin mencari tempat wisata alternatif selain pantai di Belitung.

Tempat Wisata Bukit Pangkuan terletak di Desa Mentawak, Kelapa Sampit, kabupaten Belitung Timur. Jaraknya sekitar 40 menit berkendara dari Bandara Hanandjoeddi dan sekitar 55 menit jika dari Kota Tanjong Pandan.


  • Pulau Batu Berlayar
wisata-belitung
www.instagram.com/ayodolan/

Tempat wisata belitung selanjutnya yakni Pulau Batu Belayar. Pulau Batu Berlayar adalah sebuah gundukan pasir putih yang berisikan bebantuan granit berukuran besar, gundukan pasir tersebut berada di tengah laut sehingga membuatnya tempat seperti sebuah pulau.

Pulau Batu Berlayar hampir mirip dengan Pulau Pasir yang terdiri dari gundukan pasir yang berada di tengah laut. Namun yang membedakannya hanyalah Pulau Batu Berlayar memiliki bebatuan granit yang berukuran besar. Disebut batu berlayar karena batu granit di pulau ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan bentuk layar jika dilihat dari kejauhan. Oleh sebab itulah pulau ini dinamakan dengan Pulau Batu Berlayar.

Jangan lupa untuk mengambil beberapa foto dengan latar belakang batu granit jika berkunjung ke sini. Letak Pulau Batu Berlayar berada sangat dengan dengan Pulau Pasir dan Pulau Kepayang. Waktu yang dibutuhkan sekitar 10 menit dengan menggunakan perahu.


  • Museum Kata 
wisata-belitung
www.instagram.com/citraserin/
Tak lengkap rasanya liburan ke Belitung jika tidak mengunjungi tempat yang satu ini. Museum Kata merupakan sebuah rumah tua yang disulap menjadi museum yang bersikan berbagai macam literature. Museum ini dibangun oleh sang penulis novel 'Laskar Pelangi' yakni Andrea Hirata.

Di dalam Museum Kata terdapat pengujung dapat menemui banyak sekali foto dokumentasi dari film Laskar Pelangin. Dan juga terdapat 200 literlatur yang terdiri dari berbagai macam genre. Museum ini terdiri dari beberapa ruangan yakni ruangan Ikal, ruangan Lintang, ruangan Mahar dan yang terakhir ruangan dapur. Ada yang unik di ruangan dapur ini, di ruangan ini terdapat Warkop Kopi Kuli yang mana pengunjung yang datang dapat memesan kopi di tempat ini.

Letak museum sendiri berada di Jalan Raya Laskar Pelangi No. 7 Desa Gantong, Kabupaten Belitung Timur. Untuk masuk ke Museum Kata tidak dikenakan biaya alias gratis.


EmoticonEmoticon