Sabtu, 21 April 2018

10 Tempat Wisata Di Sabang Yang Sangat Rekomended dan Dekat Kota

Aceh adalah sebuah provinsi yang terletak di ujung utara pulau Sumatera. Pronvinsi yang memiliki julukan sebagai 'Kota Serambi Mekkah' ini merupakan salah satu tujuan destinasi terbaik untuk liburan. Aceh memiliki beragam macam tempat wisata yang bisa wisatawan kunjungi mulai dari wisata bahari, wisata sejarah, wisata religi dll.

Salah satu Kota yang wajib anda kunjungi ketika liburan di Aceh adalah Kota Sabang. Banyak sekali tempat wisata di Sabang yang sangat menarik dan siap menemani waktu liburan anda. Bahkan terdapat beberapat tempat wisata di sabang yang tidak bisa anda temukan di tempat lain.

10 Tempat Wisata Di Sabang Yang Sangat Rekomended

10 tempat wisata di Sabang berikut ini merupakan kumpulan dari tempat wisata yang terbaik di Sabang. Beberapa tempat tersebut berada sangat dekat dengan pusat kota sehingga memudahkan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata tersebut.

1. Tugu Nol Kilometer

tugu-nol-kilometer
www.instagram.com/ig_aceh/
Tak lengkap rasanya berwisata ke Sabang jika tidak mengunjungi tempat yang satu ini. Yaaa Tugu Nol Kilometer. Tugu ini merupakan sebuah monumen yang menandakan ujung barat Indonesia atau titik 0 km Indonesia di bagian barat.

Tugu Nol Kilometer ini menjadi tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berlibur di Sabang. Tugu Nol Kilometer terletak di Desa Iboih Ujong Ba'u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Jaraknya sekitar 29 km dari Kota Sabang atau memakan waktu sekitar 40 menit berkendara.

Salah satu kegiatan yang wajib di lakukan oleh wisatawan yakni berfoto dengan latar belakang tugu yang tingginya hingga 22,5 meter ini. Selain berfoto wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam di tempat ini dengan bersantai di cafe-cafe yang tersedia di sekitar tugu.

2. Pantai lboih

pantai-iboih
www.instagram.com/irvandiadvanture/
Pantai yang satu ini sebenarnya bernama Pantai Teupin Layue, namun banyak masyarakat sekitar dan para wisatawan yang pernah berkunjung menyebut pantai ini dengan dengan nama Pantai Iboih. Pantai Iboih merupakan salah satu pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Tak heran jika berkunjung ke pantai ini banyak menemui bule bule yang sedang berlibur.

Salah satu alasan yang membuat Pantai Iboih selalu ramai di kunjungi oleh banyak wisatawan adalah karena panorama alam yang dimilikinya. Pemandangan yang dimiliki pantai ini sangat menakjubkan, dengan pasir pantainya yang berwarna keemasan dan airnya lautnya berwarna biru kehijauan yang sangat jernih. Biasanya para wisatawan yang datang ke pantai ini selalu menyempat diri untuk bersnorkeling dan diving untuk melihat keindahan bawah lautnya.

Jarak Pantai Iboih hanya sekitar 15 km dari Kota Sabang dan sekitar 7 km dari Tugu Nol Kilometer. Tepatnya berada di Kelurahan Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang. Untuk menuju ke pantai ini wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan transportasi umum.

3. Danau Aneuk Laot

danau-aneuk-laot
www.instagram.com/enjoy_aceh/
Danau Aneuk Laot atau dalam Bahasa Indonesianya Danau Anak Laut adalah sebuah danau yang berada di Kota Sabang. Jika dilihat dari kejauhan dari ini seperti sebuah anak laut yang berpisah dari lautan lepas yang berada di dekat danau. Hal tersebutlah yang membuat masyarakat sekitar menjuluki Danau ini dengan Danau Aneuk Laot atau Danau Anak Laut.

Danau ini juga memiliki panorama alam yang sangat indah sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi ketika liburan ke Sabang. Perbukitan hijau yang mengelilingi danau membuat suasana di sekitar tempat ini menjadi sejuk dan segar. Di tambah dengan air danau yang berwarna hijau tawar mampu menyegarkan pikiran.

Untuk mengunjungi Danau Aneuk Laot wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jaraknya sekitar 5 km dari Kota Sabang atau sekitar 15 menit berkendara. Letak Danau Aneuk Laot di Kecamatan Aneuk Laot, Kota Sabang.

4. Air Terjun Pria Laot

air-terjun-pria-laot
www.instagram.com/ibelpatahna/
Sabang tidak hanya memiliki tempat wisata bahari yang indah namun juga memiliki tempat wisata air terjun yang menawan. Letaknya berada di Desa Pria Laot, Kelurahan Iboih, Sabang. Jarak yang ditempuh untuk menuju lokasi air terjun ini dibilang tidak terlalu jauh yakni sekitar 12 km dari pusat Kota Sabang.

Tinggi Air Terjun Pria Laot sekitar 15 meter, meskipun tidak terlalu tinggi namun sangat asik untuk bermain air langsung dibawah air terjun yang mana debit air yang jatuh tidak terlalu deras. Air terjun ini juga memiliki sebuah kolam yang berukuran sekitar 10 meter dengan kedalaman mencapai 1,5 meter. Di kolam tersebut wisatawan dapat berenang dan bermain sambil menikmati sejuk dan segarnya air yang berasal dari Air Terjun Pria Laot.

Satu hal yang unik dari kolam tersebut adalah terdapat ikan garra rufa. Ikan terapi tersebut akan menggeliti tubuh para wisatawan yang berendam di kolam. Menggelitik maksudnya ikan tersebut memakan sel kulit mati yang ada pada tubuh. Sesuatu hal yang jarang dijumpai, berwisata sambil diterapi dengan ikan garra rufa.

5. Gua Sarang

gua-sarang
www.instagram.com/agam_kibo/
Jika liburan ke Sabang tak lengkap rasa jika tidak mengunjungi tempat wisata di Sabang yang begitu eksotis yakni Gua Sarang. 'Raja Ampatnya Sabang' atau 'Raja Ampat Mini' ya begitulah julukan untuk menggambarkan akan keindahan yang dimiliki Gua Sarang.

Perpaduan hutan lindung Iboih yang hijau dengan birunya air laut membuat pemandangan di Gua sangatlah eksotis. Wisatawan tidak hanya dapat menjelajah dalam goa namun juga dapat bersnorkeling di depan mulut goa. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati indahnya pemandangan di sekitar dengan bersantai di ayunan yang berada di bawah pohon yang rindang.

Gua Sarang terletak di balik Gunung atau lebih tepatnya berada  Kelurahan Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang. Untuk menuju ke tempat wisata ini wisatawan disarankan menggunakan kendaraan motor roda dua. Jaraknya sekitar 28 km dari Pusat Kota Sabang dengan waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara.

6. Pemandian Air Panas Keuneukai

pemandian-air-panas-keuneukai

Setelah puas menikmati keindahan alam yang ada di Sabang selanjutnya wisatawan dapat mencoba untuk memanjakan diri dari rasa penat yang menempel di tubuh. Tempat yang tepat untuk memanjakan diri yakni Pemandian Air Panas Keuneukai.

Di tempat Pemandian Air Panas Keuneukai wisatawan dapat mencoba berendam di kolam air panas yang panasnya mencapai 35 derajat celcius. Sumber air panas pada kolam tersebut berasal dari Gunung Jaboy yang terletak di tengah-tengah Pulau Weh. Kandungan belerang yang ada pada air panas masih sangat aman, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Sambil berendam di kolam air pasas, wisatawan dapat menikmat panorama laut biru yang ada di sekitar tempat Pemandian Air Panas Keuneukai. Tempat pemandian air panas ini berada di Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum maupun kendaaraan pribadi untuk menuju tempat ini. Jaraknya sekitar 30 menit dari Pusar Kota Sabang.

7. Pulau Rubiah

pulau-rubiah
www.instagram.com/muhajirah17/
Aceh terdiri dari beberapa kepulauan yang memiliki wisata bahari yang sangat memukau, salah satunya yakni Pulau Rubiah. Pulau Rubiah merupakan sebuah pulau kosong atau pulau yang tidak berpenghuni yang terletak di sebelah Barat Laut Pulau Weh. Pulau ini sangat terkenal dengan pesona keindahan alam bawah lautnya. Pulau Rubiah merupakan tempat snorkeling di Sabang yang paling menarik, bahkan tempat ini disebut sebagai surganya para penyelam.

Pulau Rubiah ini memiliki sebuah taman laut yang disebut dengan Taman Laut Rubiah. Taman Laut Rubiah berisikan berbagai jenis ikan hias seperti ikan nemo, angel fish, lion fish dan masih banyak lagi. Dan terdapat juga beraneka spesies terumbu karang yang melengkapi keindahan Taman Laut Rubiah.

Selain bersnorkeling wisata juga dapat menikmati panorama alam yang ada di Pulau Rubiah. Dengan kondisi alam yang masih sangat alami membuat wisatawa ingin berlama-lama di pulau ini. Untuk menuju Pulau Rubiah wisatawan harus menuju Pantai Iboih terlebih dahulu sebelum menyeberang ke Pulau Rubiah. Untuk menyebrang wisatawan dapat menggunakan perahu motor milik nelayan sekitar dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

8. Pantai Sumur Tiga

pantai-sumur-tiga
www.instagram.com/felix_lewy/
Tempat wisata di Sabang selanjutnya adalah sebuah pantai cantik yang terletak di Kawasan Le Meule, Kecamatan Sukajara, Sabang. Pantai cantik tersebut bernama Pantai Sumur Tiga. 'Hawaiinya Sabang' merupakan sebuah julukan yang diberikan untuk pantai yang satu ini.

Pantai Sumur Tiga memiliki pasir pantai yang berwarna putih keemasan dengan teksture yang sangat lembut. Air lautnya yang sangat jernih dengan warna biru kehijauan membuat wisatawan pasti ingin merasakan sensasi untuk berenang di pantai ini. Panorama di Pantai Sumur Tiga memang sangat indah, tak salah jika pantai ini dijuluki sebagai Hawaiinya Sabang.

Salah satu kegiatan yang menjadi andalan para wisatawan yakni bersnorkeling dan diving. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar sehingga sangat aman bagi wisatawan yang ingin snorkeling. Wisatawan juga dapat menikmati cantiknya sunset pada sore hari.

Di sekitar Pantai Sumur Tiga terdapat benteng sisa peninggalan Jepang. Wisatawan tidak hanya dapat menikmati pesona bahari di pantai ini, namun juga wisata sejarahnya juga.

9. Pantai Pasir Putih

pantai-pasir-putih
www.instagram.com/yus_aninda/
Pantai Pasir Putih ternyata tidak hanya ada di Pulau Bali saja, namun di Sabang juga terdapat Pantai Pasir Putih. Sesuai dengan namanya 'Pasir Putih', pantai ini memang memiliki pasir pantai yang putih. Air lautnya yang berwarna hijau kebiruan membuat panorama di pantai ini begitu indah.

Suasana di Pantai Pasir Putih sangatlah tenang berbeda dengan pantai-pantai lain yang ada di Sabang. Pepohohan yang tumbuh lebat di pinggir pantai menambah kesejukan suasana di pantai ini. Pantai ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan dari hiruk piruk kehidupan di kota-kota besar.

Berbaring santai di bawah rindanganya pohon di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan indah adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati serunya bermain air di pinggir pantai atau berjalan di atas pasir pantai yang lembut sambil mengelilingi pantai.

10. Pantai Gapang

pantai-gapang
www.instagram.com/akpakpahan/
Tempat wisata di Sabang yang terakhir dan wajib untuk anda kunjungi adalah Pantai Gapang. Pantai Gapang juga memiliki panorama yang sangat indah tak kalah dengan pantai pantai yang telah dijelaskan sebelumnya.

Hamparan pasir putih yang membentang dibalut dengan gulungan ombak laut membuat pantai ini sangat eksotis. Birunya air laut yang jernih sehingga memungkinkan wisatawan untuk melihat langsung keindahan dasar laut dari atas dermaga tanpa perlu menyelam. Di pinggir pantai terlihat jelas pepohonan gapang tumbuh lebat yang membuat teduh suasana Pantai Gapang.

Selain snorkeling dan diving wisatawan dapat melakukan beberapa kegiatan olahraga air lainnya seperti berperahu, main jet sky, memancing. Pantai Gapang berhadapan langsung dengan laut lepas, sehingga ombak di pantai ini terbilang lumayan besar jadi terkadang beberapa wisatawan yang datang ke pantai ini untuk mencoba olahraga surfing.

Pantai Gapang terletak di Jalan Pantai Gapang, Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang. Jaraknya sekitar 17 km dari Pusat Kota Sabang atau 45 menit menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.


Demikianlah 10 Tempat Wisata Di Sabang Yang dapat menjadi pilihan anda ketika liburan di Kota Sabang. Tempat-tempat tersebut sangat mudah dijangkau karena berada sangat dekat dengan Pusat Kota. Jadi tunggu apa lagi segera rencanakan liburan anda ke Kota Sabang...


EmoticonEmoticon