Minggu, 25 Maret 2018

9 Tempat Pariwisata Di Kerinci Yang Terkenal Dan Wajib Dikunjungi

Tempat Parwisata Kerinci

Kerinci adalah salah satu dari 11 kabupaten yang ada di Provinsi Jambi. Kabupaten yang dengan luas daerah 3807,283 km² ini memiliki pusat pemerintahan yang berada Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Nama Kerinci sendiri berasal dari bahasa tamil yakni kurinci, yang maksudnya adalah salah satu nama bunga yang tumbuh di daerah Pegunungan India Selatan.


Orang Kerinci atau biasa disebut dengan Suku Kerinci memiliki rumah adat yang disebut dengan Larik. Suku Kerinci juga memiliki beberapa tarian unik yang sangat menarik di lihat seperti tarian asyeik naik mahligai, tarian taman, tarian tari rangguk, tarian sike rebana dan tarian iyo iyo. Selain beberapa tarian yang unik, suku kerinci juga memiliki seni bela diri seperti pencak silat dan ngadu tanduk.

Masyarakat Kerinci memiliki bahasa yang sangat mirip dengan bahasa minang kabau, namum terdapat 130 lebih dialek yang bisa anda jumpai di setiap masing masing daerah. Namun saat ini masyarakat kKrinci sudah pasif dalam berbahasa Indonesia, jadi anda tidak perlu bingung untuk berbicara dengan Masyarakat Kerinci.

Meskipun berjarak 418 dari Kota Jambi, namun kerinci memiliki tempat wisata sangat banyak dan begitu menarik untuk dikunjungi. Dengan julukan 'sekepal tanah dari surga', membuat Kerinci sebagai salah satu destinasi tempat wisata yang wajib di kunjungi ketika berada di Povinsi Jambi. Mulai dari wisata gunung, danau, hingga wisata argo yang membuat para wisatawan domestik mampu dari mancanegara berbondong bondong datang ke Kabupaten Kerinci untuk melihat keindahan alamnya. Berikut tempat wisata di kerinci yang wajib kalian kunjungi.

  • Gunung Kerinci
tempat-wisata-di-kerinci
www.instagram.com/kahfiirawan/

Gunung Kerinci merupakan salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia dan juga merupakan gunung tertinggi di Sumatera, sehingga membuatnya mendapat julukan sebagai atapnya Sumatera. Gunung yang tingginya 3.805 mdpl ini terletak di Kayu Aro, sekitar 130 KM sebelah selatan Padang. Gunung ini dikelilingi Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan tempat habitat badak sumatra dan harimau sumatra.

Dengan keindahanya membuat gunung ini dijadikan sebagai salah tujuan favorit para pendaki untuk mendakit gunung. Ketika anda berada di puncak Gunung Kerinci, anda bisa melihat sebuah pemandangan Kota Jambi, Padang dan Bengkulu dari kejauhan yang sangat indah. Jika anda merupakan seorang yang memiliki hobi mendaki gunung, maka Gunung Kerinci merupakan tempat yang wajib anda daki ketika berada di Kerinci.

  •  Danau Tujuh
tempat-wisata-di-kerinci
www.instagram.com/goombe_10/

Danau tujuh adalah danau yang terletak di dDsa Plompek Kecamatan Kayu Aro, danau ini berada tepat di belakang Gunung Kerinci. Asal usul nama danau tujuh berasal dari tujuh buah puncak gunung yang mengelilingin danau ini, puncak gunung tersebut yakni Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang, dan terakhir adalah Gunung Tujuh.

Danau tujuh ini merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian 1.950 mpdl membuatnya menjadi danau kedua tertinggi di Indonesia. Karena berada di lokasi ketinggian membuat air danau tujuh sangat dingin pada pagi hari. Bermain air bahkan berenang di danau ini akan membuat tubuh anda menjadi sangat segar dengan air yang begitu dingin.

  • Perkebunan Kayu Manis
tempat-wisata-di-kerinci
www.hoteljayawisata.com

Selain kaya akan perkebunan tehnya, Kerinci juga memiliki perkebunan kayu manis yang sangat luas.
Kayu manis yang dihasilkan di Kabupaten Kerinci ini di export ke beberapa negara. Di perkebunan kayu manis anda bisa melihat proses pembuatan kayu manis mulai dari pengulitan batang pohon hingga menjadi kayu manis yang siap untuk di export. Selain itu, disini anda juga bisa membeli oleh-oleh berupa teh yang berasal dari olahan kayu manis.

                Baca juga:
tempat-wisata-di-kerinci
www.instagram.com/id_hobijalan/

Selain memiliki danau tujuh, Kerinci juga memiliki sebuah danau yang memiliki air yang sangat jernih yakni danau kaco. Danau kaco berada dalam Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat atau lebih tepatnya berada di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Danau Kaco sangat berbeda jika dibandingkan dengan danau danau yang ada di Indonesia, karena danau ini memiliki ciri khas yang dapat memancarkan cahaya terang pada saat malam hari terutama pada saat malam bulan purnama. 

Untuk akses menuju danau kaco ini bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dari kota sungai penuh selama 50 menit, setelah sampai di desa lempur maka perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyelusuri hutan selama 3-5 jam. Selama dalam perjalanan menyelusuri hutan, kita akan di sajikan dengan pemandangan alam yang sangat asri dan masih alami dan juga kita bisa melihat sebuah air terjun sewaktu dalam perjalanan.

  • Danau Kerinci
tempat-wisata-di-kerinci
www.instagram.com/hendragw/

Tempat wisata di kerinci selanjutnya adalah Danau Kerinci. Danau Kerinci adalah danau yang terletak di kaki Gunung Rayo, Kabupaten Kerinci atau lebih tepatnya berada 16 km dari selatan kota Sungai Penuh. Danau yang luasnya 5000 meter persegi ini mempunyai fungsi sebagai sumber air bagi kehidupan masyarakat Kerinci.

Di Danau Kerinci kamu akan disuguhkan pemandangan danau yang begitu indah, selain itu kamu juga akan melihat sekumpulan burung belibis yang bermain di sekitar danau. Di sini juga kamu bisa melakukan aktivitas lain seperti bermain air, memancing, berkemah di pinggir danau, berenang atau menikmati kuliner khas kerinci sambil menikmati indahnya pemandangan danau kerinci.

  • Air Terjun Berasap
tempat-wisata-di-kerinci
www.instagram.com/emzo_sati/

Tempat wisata kerinci yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata di Kerinci yang paling terkenal selain gunung kerinci dan danau kaco, yakni air terjun berasap. Air terjun berasap merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di kabupaten kerinci. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 50 meter, yang sumber airnya berasal dari dari air terjun gunung tujuh.

Untuk menuju ke tempat wisata air terjun berasap kalian harus menuju Desa Teluh Berasap Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci, perjalanan bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Setelah sampai di pintu kawasan objek wisata maka perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyelusuri jalan dan menaiki ratusan anak tangga.

Nama air terjun berasap sendiri berasal dari kabut air yang selalu menyelimuti air terjun akibat derasnya debit air yang jatuh. Anda bisa menikmati indahnya air terjun berasap dengan cara bersantai di pondok yang berada di sekitar air terjun atau juga anda bisa naik ke atas air terjun untuk menikmati pemandangan yang berbeda. Namun perlu diketahui bahwa anda tidak di perbolehkan untuk melompat dari atas air terjun, hal itu dikarenakan dasar air terjun tersebut tidak begitu dalam dan berisikan bebatuan yang besar.

  • Air Terjun Talang Kemulun
tempat-wisata-di-kerinci
www.instagram.com/pesonajambi/

Banyak orang menganggap bahwa air terjun talang kemulun merupakan surga yang tersembunyi di kawasan taman nasional kerinci seblat. Air terjun talang kemulun berada di Desa Talang Kemulun Kecamatan Danau Kerinci atau hanya beberapa kilometer dari Pusat Kota Sungai Penuh.

Untuk menuju ke tempat wisata ini pertama anda perlu menuju ke Desa Kemulun, setelah tiba di desa kemulun maka perjalanan di lanjutkan dengan berjalan kaki selama 1 jam. Di dalam perjalanan anda akan melewati perbukitan, area persawahan, ladang dan lebatnya hutan hutan taman nasional bukit seblat. Sepanjang perjalanan anda akan di suguhkan dengan pemandangan hijau yang begitu indah dari hutan rimbah taman nasional kerinci seblat selain itu anda juga akan dihibur dengan suara atau kicauan burung dan beberapa satwa yang menghuni hutan tersebut.

Setelah tiba di lokasi anda akan melihat keindahan air terjun talang kemulun dengan air terjun berundak 12 dan di aliri air yang sangat bening dan sejuk. Disana anda bisa beristirahat sambil menikmati keindahan air terjun atau juga bisa bermain air sambil melompat ke kolam dangkal dibawah air terjun.

  • Bukit Khayangan
tempat-wisata-di-kerinci
www.instagram.com/galeri_jambi/

Setelah puas menikmati wisata danau dan air terjun kini saatnya wisatawan memanjakan mata dengan panorama alam yang begitu indah. Bukit khayangan adalah rangkaian dari barisan bukit yang mengelilingi daerah Kerinci. Wisata bukit khayangan terletak di barisan gunung raya atau lebih tepatnya di Desa Renah Kayu Embum, Kota Sungai Penuh.

Melalui puncak bukit khayangan kita wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan Kota Sungai Penuh dan danau kerinci yang indah dari kejauhan jika kondisi cuaca sedang cerah. Namun jika kondisi cuaca sedang berkabut maka kita akan melihat gumpalan awan yang mengelilingi wilayah bukit khayangan, layaknya berada di bukit di atas awan. Di puncak bukit khayangan juga kita bisa menyaksikan secara langsung keindahan matahari terbit dan matahari terbenam.

  • Kebun Teh Kayu Aro
tempat-wisata-di-kerinci
www.instagram.com/tehkayuaro/

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, kerinci juga terkenal sebagai daerah penghasil teh terbaik di Dunia. Teh tersebut berasal dari perkebunan teh yang berada tepat di bawah kaki gunung kerinci. Disini anda akan melihat hamparan hijaunya kebun teh dibawah kaki gunung kerinci yang sangat memanjaka mata. Sejuknya udara yang begitu segar akan membuat anda semakin nyaman menikmati pemandangan di tempat wisata ini. Selain menikmati pemandangan yang begitu indah, anda juga bisa langsung untuk memetik teh yang ada di kebuh teh ini sambil ditemani oleh para pekerja, setelah itu anda dapat berkunjung ke pabrik teh untuk melihat proses pengolahan teh yang menjadi produk andalan masyarakat kerinci.

Wisata kebun teh kayu ayo ini terletak di Kecematan Kayu Aro Kabupaten Kerinci. Lokasinya persis dibawah kaki gunung kerinci. Akses untuk menuju wisata kebuh teh kayu aro bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Previous
This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon