Senin, 26 Maret 2018

7 Objek Pariwasata di Kota Jambi Yang Paling Populer

Tempat Pariwisata Di Kota Jambi

Jambi merupakan sebuah provinsi yang terletak di pulau Sumatra. Provinsi Jambi memiliki sebelas Kabupaten/Kota yang tersebar dalam wilayah Provinsi Jambi yang salah satunya adalah Kota Jambi. Kota Jambi merupakan sebuah kota besar yang berada dalam Pulau Sumatra dan merupakan Ibu Kota dari Provinsi Jambi.

Hampir sama dengan kota kota besar yang berada di Indonesia, Kota Jambi juga memiliki banyak tempat pariwisata yang bisa dikunjungi ketika berada di Kota Jjambi. Salah satu tempat wisata di jambi yang sangat terkenal adalah Candi Muaro Jambi. Karena Kota Jambi dulunya merupakan bagian dari Kerajaan Melayu Jambi, bahkan menurut Wikipedia Jambi pernah  menjadi pusat kerajaan Sriwijaya.

Selain Candi Muaro Jambi masih banyak tempat pariwisata di Jambi yang tak kalah menariknya dengan tempat pariwisata di kota kota lain, berikut tempat wisata Jambi yang wajib kalian kunjungi :

  • Candi Muaro Jambi
tempat-pariwisata-di-jambi
www.instagram.com/candimuarajambi/

Seperti yang disebutkan di atas Candi Muaro Jambi merupakan tempat yang paling terkenal di kota jambi bahkan di Provinsi Jambi. Candi Muaro Jambi tidak sebesar Candi Borobudur dan Candi Prambanan tapi menurut Wikipedia Candi Muaro Jambi merupakan komplek percandian terluas di Indonesia bahkan pada tahun 2009 UNESCO menetapkan sebagai situs warisan dunia.

Meskipun berada di labupaten Muaro Jambi jarak untuk menuju ke Candi Muaro Jambi sangat lah dekat dengan pusat kota sekitar 26 kilometer dari pusat kota. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit lebih. Setibanya di komplek Candi Muaro Jambi anda bisa mengunjungi sisa sisa candi yang ada dengan menggunakan sepeda yang telah di sediakan oleh jasa penyewa sepeda. Disana anda juga bisa melakukan piknik dengan keluarga karena cuaca di sana sangat menyejukan.

Info
Nama : Candi Muaro Jambi
Alamat : Danau Lamo, Kec. Maro Sebo Kab. Muaro Jambi
tiket masuk : Rp.3000 untuk anak-anak dan Rp.5000 untuk dewasa

  • Gentala Arashy
tempat-pariwisata-di-jambi
www.instagram.com/ameliarhy_/

Gentala Arashy adalah sebuah museum budaya yang bercora islam dan merupakan ikon baru Kota Jambi yang di resmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kallah pada tahun 2015.  Selain museum terdapat juga sebuah menara yang biasa disbut dengan menara Gentala Arashy dengan tinggi 85 meter dan memiliki sebuah jam besar yang berukuran 3,5 meter.
Untuk menuju lokasi Gentala Asrasy anda bisa melaui jembatan gentala ararshy yang menghubungkan antara Kota Jambi dan Seberang Kota Jambi. Panjang jembatan gentala arasy sekitar 550 meter yang membentang di atas Sungai Batang Hari.

Info lokasi
Nama : Gentala arsy
Alamat : Arab Melayu, Pelayangan.
Tiket masuk : free

  • Masjid Agung Alfalah
tempat-pariwisata-di-jambi
www.instagram.com/explore_jambi/

Salah satu yang unik dari masjid terbesar di Kota Jambi adalah tidak mempunyai pintu dan jendala. Masjid ini biasa dijuluki dengan masjid seribu tiang hal itu karena keseluruhan bangunan masjid ini berisi tiang tiang penyangga. Walaupun di juluki dengan masjid seribu tiang bukan berarti tiang penyangga masjid ini berjumlah seribu, tetapi jumlah tiang di masjid ini hanyak 256 tiang.

Lokasi masjid berada pada pusat kota dan sangat dekat dengan tempat perbelanjaan Ramayana dan WTC Batang Hari. Dimasjid ini anda bisa melakukan kegiatan ibadah sholat bagi yang muslim dan bisa juga sekedar istirahat, karena udara di masjid ini sangat menyejukan.

Info
Nama: Masjid Agung Alfalah
Lokasi : Jalan Sultan Thaha No. 60 legok, Telanaipura, Kota Jambi
Tiket masuk: free

  • Museum Perjuangan Rakyat Jambi
tempat-pariwisata-di-jambi
www.instagram.com/jjs_nusantara/

Bagi yang suka dengan sejarah atau ingin mengetahui sejarah Kota Jambi meseum perjuangan rakyat Jambi merupakan tempat yang tepat untuk di kunjungi ketika berada di Kota Jambi. Setibanya di depan museum, anda akan melihat sebuah replika pewasat Catanila RI 005 yang di pajang pada halaman museum. Di dalam Museum Perjuangan Rakyat Jambi anda bisa melihat sisa sisa peninggalan pada masa perjuangan Rakyat Jambi. Termasuk juga koleksi senjata yang digunakan semasa perang melawan penjajah Belanda. Dan juga terdapat diaroma atau miniature tentang serajah perjuangan rakyat Jambi dalam mempertahankan kemerdekaan.

Lokasi Museum Perjuangan Rakyat Jambi sangatlah dekat dengan Masjid Agung Alfalah hanya berjarak sekitar dua ratus meter. Anda bisa mengunjungin Museum Perjuangan Rakyat Jambi setelah mengunjungin Masjid Agung Alfalah atau sebaliknya dikarenakan lokasi yang sangat berdekatan.

Info
Nama: Museum Perjuangan Rakyat Jambi
Lokasi: Jl. Sultan Agung, No. 12, Lap. Banteng, Murni, Telanaipura, Kota Jambi
Tiket masuk : Rp.3000 untuk dewasa dan Rp.1000 untuk anak-anak

  • Jambi Paradise
tempat-pariwisata-di-jambi
www.instagram.com/gusmanhsg/

Jambi Paradise adalah objek wisata buatan yang ada di Kota Jambi. Meskipun tempat ini merupakan objek wisata buatan, namun Jambi Paradise menjadi tempat wisata favorit bagi masyarakat Kota Jambi. Dengan bentuk seperti pulau kecil yang di kelilingi oleh sungai, dimana sungai tersebut berisikan ribuan ikan air tawar. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat piknik bagi keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama keluar. 

Banyak sekali wahana bermain yang bisa anda temukan di tempat pariwisata ini seperti sepeda boat, perahu, sepeda air, jembatan gantung, flying fox, balon, sepeda, ATV dll. Tidak hanya memiliki tempat wahana bermain, jambi paradise juga memiliki spot foto yang unik dan keren. Biasanya setiap pengunjung yang datang ke tempat ini selalu menyempatkan waktu untuk mengambil foto.

Untuk menuju ke tempat wisata di Jambi ini kalian bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Jaraknya cukup dekat dengan Bandara Sultan Thaha sekitar 7,5 kilometer atau dengan waktu tempuh sekitar 10 menit. Lokasinya berada di Simpang Acai, Kecamatan Pall Merah atau lebih tepatnya sekitar 3 kilometer dari Simpang Acai.

Meskipun lokasinya berada sangat jauh dari Pusat Kota Jambi atau dekat dengan perbatasan Kabupaten Muaro Jambi, namun tempat pariwisata ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya terutama pada hari minggu atau hari libur. Ketika hari minggu masyarakat kota jambi berbondong bondong datang ke tempat ini bersama keluarga untuk menghabiskan waktu.

Info
Nama: Jambi Paradise
Lokasi: Simpang Acai, Kecematan Pall Merah Kota Jambi
Tiket masuk: Hari biasa 20 ribu, hari libur 35 ribu.

            Baca juga:

  • Kampoeng Radja
tempat-pariwisata-di-jambi
www.sumatfeet.wordpress.com

Di Kota Jambi juga terdapat sebuah taman wisata keluarga yang bernama Kampoeng Radja. Taman wisata ini adalah taman rekreasi keluarga dan juga tempat wisata bermain out bound. Banyak sekali wahana permainan yang bisa di jumpai di sini dan tentunya dapat dimainkan oleh seluruh kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua mulai dari mobile golf, jasmin pater park, bumber boat, sepeda air, kolam renang, airsoft gun dan yang menjadi andalan para pengunjung adalah wahana out boundnya.

Dengan luas areanya seluas 8 hektar membuat tempat ini tidak hanya sebagai tempat bermain namun juga sangat cocok dijadikan tempat piknik bersama keluarga. Taman ini memiliki banyak popohonan yang rimbun membuat udara di sini sangat nyaman dan sejuk.

Jika anda mengunjungi tempat ini bersama dengan teman dan sahabat, maka anda sangat wajib untuk mencoba wahana bermain airsoft gun. Hanya dengan membayar 25 ribu per orang, maka anda sudah dapat berperang menggunakan airsoft gun bersama dengan sahabat anda layaknya mengikuti perperangan.

Berlokasi di Kenali Besar Jambi atau lebih tepatnya di 400 meter sebelah Utara Simpang Rimbo membuat tempat ini ramai di kunjungi oleh masyarakat Jambi. Dengan akses jalan sangat bagus membuat tempat wisata Kampoeng Radja sangat mudah untuk di temukan.

Info
Nama: Kampoeng Radja
Lokasi: Jln. Lingkar barat No. 108 Kenali Besar. Simpang Rimbo
Tiket masuk: Hari biasa 35 ribu, hari libur 45 ribu.

  • Wisata Lubuk Penyengat
tempat-pariwisata-di-jambi
www.facebook.com/lubukpenyengat

Selain memiliki tempat rekreasi taman bermain seperti Kampoeng Radja dan Jambi Paradise, Kota Jambi juga memiliki tempat pariwisata panorama alam yakni Wisata Lubuk Penyengat. Tempat wisata ini merupakan hasil dari ide kreatif pemuda desa baru atau sekarang merekan disebut dengan POKDARWIS (kelompok sadar wisata) komunitas Muaro Dano.

Tempat Wisata Lubuk Penyengat merupakan salah satu pilihan terbaik untuk liburan di akhir pekan. Disini anda akan di sajikan pemandangan dengan nuansa ke arifan lokal masyarakat Desa Baru. Selain itu Wisata Lubuk Penyengat juga menawarkan beberapa tempat spot yang sangat menarik dan unik untuk berfoto di antaranya: patung berbentuk telapak tangan yang terbuat dari rotan, jerambah yang berada di atas sungai dengan bentuk 'I Love You', patung dengan telapak tengan bertuliskan 'I Love You', ayunan berbentuk sarang burung yang bergantung, patung spongebob dan patung dinosaurus yang terbuat dari sabut kelapa, dan masih banyak lagi spot unik yang bahannya terbuat dari alam seperti rotan dan sabut kelapa dll.

Di tempat Wisata Lubuk Penyengat anda juga bisa menikmati kuliner khas desa yang akan melengkapi liburan anda bersama dengan keluarga. Beberapa kuliner yang anda bisa nikmati adalah : masakan ceget (gulai pucuk rotan), ikan panggang ruan (ikan gabus) sambal terasi jeruk nipis, kopi santan, air pandan wangi, lempeng togok, dan cegau ubi kayu.

Lokasi wisata lubuk penyengat berada di Desa Baru Kecematan Muaro Sebo. Berjarak sekitar 15 km dari Kota Jambi, berdekatan dengan objek wisata Candi Muaro Jambi. Untuk akses jalan menuju objek wisata ini kalian bisa menggunakan kendara pribadi baik roda dua maupun roda empat, karena belum terdapat kendaraan umum yang menuju lokasi ini.

Info
Nama: Wisata Lubuk Penyengat
Lokasi: Jln. Lintas Desa Baru Jambi Tulo KM.1 Kec. Muaro Sebo, Muaro Jambi
Tiket masuk: 3 ribu dan 2 ribu untuk biaya parkir.


EmoticonEmoticon