Selasa, 27 Maret 2018

19 Tempat Wisata Di Batam Selalu Ramai Di Kunjungi Oleh Wisatawan

Siapa yang tidak mengenal Kota Batam, sebuah kota besar yang berada di Provinsi Kepulauan Riau. Kota yang berbatasan langsung dengan Negara Singapura dan Malaysia ini merupakan kota yang berada dalam kawasan perdagangan bebas, hal tersebut membuat Kota Batam sebagai surganya bagi orang orang yang memiliki hobi belanja.

Kota Batam sangat cocok dijadikan sebagai salah satu destinasi untuk liburan, selain terkenal dengan barang exportnya yang sangat murah yang membuatnya menjadi surganya bagi orang orang yang memiliki hobi belanja, di Kota Batam juga memiliki banyak sekali tempat parisiwata yang sangat menarik.


Meskipun memiliki luas wilayah yang hanya seluas 715 km yang terdiri dari Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang namun terdapat banyak sekali tempat pariwisata di Kota Batam, salah satu tempat wisata Batam yang paling terkenal adalah Jembatan Barelang yang merupakan ikon Kota Batam. Selain jembatan barelang masih banyak tempat pariwisata di Batam yang sangat menarik dan begitu sangat di sayangkan jika tidak di kunjungin ketika berada di Kota Batam. Berikut tempat pariwisata di Batam yang wajib di kunjungi.


  • Jembatan Barelang
wisata-di-batam
www.instagram.com/put16/
Salah satu tempat yang paling terkenal di Kota Batam dan merupakan ikonnya Kota Batam yakni Jembatan Barelang. Jembatan ini menghubungkan pulau pulau yang ada di wilayah Batam yakni Pulau Batam, Pulau Rempang, Pulau Galang. Jembatan Barelang memiliki nama asli yakni Jembatan Fisabilillah namun masyarakat setempat menyebutnya dengan Jembatan Barelang di karena 3 pulau yang di hubungkan langsung oleh jembatan ini yakni Batam, Rempang, dan Galang yang di singkat menjadi Barelang.

Disini wisatawan bisa bersantai sambil menikmati pemandangan sungai dan jembatan yang sangat indah dengan udara yang sangat sejuk. Selain itu wisatawan juga bisa mengambil foto dengan latar belakang jembatan yang sangat keren.

Jembatan Barelang berada di Jalan Trans Barelang, Pulau Setokok atau berjarak sekitar 30 menit dari bandara Hang Nadim Batam. 


  • Masjid Agung Batam
wisata-di-batam
www.instagram.com/hbakkara/
Masjid Agung Batam atau biasa disebut dengan Masjid Raya Batam (MRB) adalah sebuah masjid terbesar yang di Kota Batam pada saat ini. Masjid yang mulai di bangun pada tahun 1999 dan selesai pada tahun 2001 ini terletak di Jalan Engku Putri Kota Batam atau lebih tepatnya berada di Pusat Pemerintahan Kota Batam, bersebelahan dengan Alun Alun Kota Batam. Jarak masjid ini dari bandara Hang Nadim sekitar 20 menit.

Selain menjadi tempat ibadah umat muslim, Masjid Agung Batam juga menjadi pesona daya tarik pariwisata hal tersebut dikarenakan masjid ini memiliki kubah dan bentuk yang sangat unik yakni berdesain seperti paramida dan memiliki sebuah menara setinggi 66m.


Masjid ini dirangcang oleh oleh arsiter Indonesia yakni Achmad Noeman. Dengan memiliki kapasitas yang besar, Masjid Agung Batam dapat menampung 3500 jamaah, namun jika kondisi masjid penuh maka halama luar masjid dapat digunakan.



  • Alun Alun Engku Putri
wisata-di-batam
www.instagram.com/sahat_simarmata/
Setelah mengunjungi Masjid Agung Batam, tidak salahnya jika mengunjungi Alun Alun Engku Putri yang bersebelahan dengan Masjid Agung Batam. Alun Alun Engku Putri adalah sebuah lapangan terbuka yang luas atau public space. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini mulai dari berolahraga seperti joging, bermain basket, futsal, skate , down hill, fitnes, panjat tebing dan juga kegiatan lain seperti duduk santai bersama keluargan dan teman, bermain sepeda.

Selain itu di Alun Alun Engku putri biasanya sering digunakan sebagai tempat acara seperti upacara kemerdakaan, tempat MTQ pada tahun 2014, tempat pesta kembang api pada akhir tahun, dan juga acara besar lainnya seperti konser musik dll. Tempat ini merupakan ikon Kota Batam setelah Jembatan Barelang.

Ketika berada di tempat ini jangan lupa untuk mengabdikan momen anda dengan cara mengambil beberapa foto disini. Banyak sekali tempat berfoto yang sangat keren disini salah satunya yang paling terkenal yakni bukit clara yang mana terdapat tulisan "Welcome To Batam" yang berukuran besar.

  • Bukit Senyum
wisata-di-batam

Bukit Senyum adalah salah satu tempat yang sangat tepat untuk wisatawan menghabiskan waktu di malam hari di Kota Batam. Bukit Senyum merupakan tempat wisata perbukitan di mana wisatawan dapat melihat secara langsung keindahan Kota Batam pada malam hari dan juga gemerlapnya negara Singapura dari ketinggian.

Tempat ini merupakan tempat masyarakat Batam untuk bersantai di malam hari, bahkan tempat ini menjadi tempat favorit masyarakat ketika tahun baru. Karena pada saat tempat pergantian tahun wisatawan bisa melihat meriahnya pesta kembang api yang digelar oleh negara tetangga dan pesta kembang api di Kota Batam.

Wisatawan bisa menyaksikan sebuah pemandangan yang sangat eksotis berupa lampu lampu gedung Kota Singapura dan juga lampu kapal yang ada di teluk Singapura terlebih lagi jika cuara langit pada malam hari sangat cerah. Pemandangan tersebut akan menjadi sempurna jika ditemani minuman hangat dan makanan ringan yang telah disediakan oleh masyarakat sekitar.

Bukit senyum berada di Tanjung Uncang, Batu Aji Kota Batam. Untuk menuju tempat ini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan angkutan umum yang melalui daerah ini.

  • Quen Garden Waterboom
wisata-di-batam
jalankemanagitu.file.wordpress.com
Di Kota Batam juga terdapat tempat pariwisata rekreasi wahana air yang wajib anda kunjingi ketika liburan bersama keluarga di Kota Batam yakni Quen Garden Waterboom. Di Quen Garden Waterboom terdapat banyak sekali wahana permainan air yang bisa anda coba mulai dari slide atau peluncuran dengan ketinggian yang berbeda, twister slide, olympic pool, kiddie pool, wahana gazebo, lazy river dan kolam arus. Dan juga terdapat beberapa wahana baru yang baru di bangun hingga membuat tempat ini mejadi waterboom terbesar di kepuan riau.

Selain permainan air, disini juga terdapat mini zoo birds dan juga kebun buah yang membuat liburan anda bersama keluarga semakin asik. Quen Garden Waterboom berlokasi di Bengkong Sadai atau lebih tepatnya di depan Kantor Camat Sadai, berjarak sekitar 15 menit dari Perumahan Center Point Batam Center.


  • Ocarina Park
wisata-di-batam
wisatasumatera.com
Jika Kota Jakarta sangat terkenal dengan Ancol yang mempunyai begitu banyak wahana permainan, maka di Kota Batam anda juga bisa menemukan tempat yang mempunyai wahana permaninan seperti Ancol tempat tersebut adalah Ocarina Park. 

Tempat yang mempunyai luas area sekitar 40 hektare ini mempunyai begitu banyak wahana permainan yang wajib bisa coba seperti water park, sky runner, flying fox, dll. Yang paling menjadi favorit bagi pengunjung adalah wahana giant wheel atau kincir angin raksasa yang berdiamer 30m dan tinggi 25 meter, ketika berada di titik puncaknya anda akan melihat pemandangan laut dan seluruh kawasan Ocarina Park.


Wisata Oarina Park berlokasi di jln. Bungau Rasa, Sadai, Bengkong. Berjarak sekitar 1 km dari Pelabuhan Batam Center dan 15 menit dari Bandara Hang Nadim Batam.


  • Wisata Hutan Mata Kucing
wisata-di-batam
wisatatiga.com
Wisata Hutan Mata Kucing adalah sebuah tempat wisata alam di Kota Batam yang menawarkan sebuah pemandangan alam yang masih sangat alami dan begitu eksotis, letaknya berada di daerah jalan taman buki golf, sekupang, baju aji, batam. Di dalam wisata Hutan Mata Kucing terdapat sebuah kebun binatang mini yang memiliki koleksi satwa yang sangat beragam dan unik seperti ikan arwana gold, ikan lele raksasa, ikan arapaima gigas yang panjangnya mencapai 2 meter, dll.

Jika merasa bosan melihat koleksi satwa yang ada di kebun binatang, wisatawan bisa melakukan beberapa kegiatan alam di tempat ini seperti camping, haking, atau bermain outbond. Dengan memiliki area yang luas yang memang tujukan untuk berbagai macam kegiatan outdoor.


Selain itu terdapat pula sebuah kolam renang yang dapat digunakan untuk mandi berenang ataupun bermain air bersama keluarga. Ketika anda berendam, anda akan merasakan sensasi air kolam yang sangat sejuk dan begitu segar di tambah dengan udara di hutan yang masih alami.



  • Kebun Raya Batam
wisata-di-batam
kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id
Kebun Raya Batam perupakan salah satu tempat pariwisata baru di Kota Batam, jika anda merupakan seorang yang menyukai tanaman dan tumbuhan maka tempat ini sangat cocok dijadikan destinasi liburan anda di Kota Batam. Kebun Raya Batam adalah sebuah kebun atau taman yang berisikan berbagai macam tumbuhan dan tanaman dari berbagai macam kota dan daerah. Untuk saat ini terdapat 666 jenis tanaman yang tumbuh yang terdiri dari 428 tanaman jenis marga dan 119 tanaman jenis famili.

Dengan memiliki luas area seluas 85 hektare yang mana nantinya akan di tanami 5 jenis tumbuhan yang berasal dari 5 daerah yang berbeda yakni tumbuhan dari tanah Sundah, tumbuhan khas Wallcea, tumbuhan dari Papua Nugini, tumbuhan dari Oceania dan koleksi dari belahan Dunia lainnya. 
Dengan pengembangan yang terus di lanjutkan sehingga nantinya akan terdapat banyak sekali koleksi tanaman dan tumbuhan di sini.

Kebun Raya Batam berlokasi di Jalan Hang Lekue km 4 Nongsa, atau berjarak sekitar 10 km dari Bandara Hang Nadim Batam dan 15 km dari Batam Centre. 


  • Kampung Vietnam
wisata-di-batam
www.instagram.com/ultimatetommy
Istilah nama Kampung Vietnam mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Batam. Sebuah kawasan yang tidak berpenghuni di Pulau Galang dan sekarang menjadi tempat wisata sejarah di Kota Batam. Dulunya tempat ini merupakan sebuah perkampungan yang pernah dihuni oleh ratusan ribu pengungsi Vietnam. Ratusan ribu pengsungsi Vietnam tersebut melarikan diri dari negaranya di karenakan adanya perang saudara yang terjadi pada negaranya.

Di tempat ini anda akan menemukan sebuah perkampungan yang berisi bangunan bekas tempat tinggal masyarakat Vietnam dulunya. Mulai dari bekas rumah penduduk, museum, tempat ibadah, dan penjara yang anda bisa temukan disini. Dan juga terdapat beberapa monumen yang masih terawat dengan baik seperti monumen perahu dimana terdapat 3 buah perahu kapal yang dulunya digunakan oleh para pengungsi Vietnam untuk menuju Indonesia.


Tempat wisata Kampung Vietnam berada di Pulau Galang berjarak sekitar 50 km dari Pusat Kota. Untuk menuju ke tempat ini anda harus melewati Jembatan Barelang kemudian melewati 3 buah jembatan yang saling terhubung barulah anda sampai di Pulau Galang dan terdapat tulisan Memorial Of Galang.



  • Pantai Marina
wisata-di-batam
www.instagram.com/seniberjalan/
Pantai Marina Batam merupakan sebuah tempat pariwisata pantai yang berlokasi di sebuah resort mewah yakni di kawasan Marina Water Front City. Berada di sebuah resort mewah membuat pemandangan di Pantai Marina sangat indah sangat cocok untuk di jadikan tempat liburan bersama teman ataupun keluarga.

Selain memiliki pasif putih, di Pantai Marina juga terdapat sebuah pelabuhan marina yang membuat pantai ini layaknya sebuah pantai yang sangat elit. Jika anda datang bersama dengan keluarga tercinta, terdapat beberapa wahana yang bisa dijadikan tempat bermain bersama keluarga seperti ayunan, taman hijau, perosotan dll.

Untuk menuju pantai marina anda bisa menggunakan kendaraan beroda dua ataupun roda empat. Terletak di Jalan h Ahmad Dahlan, Kel Tanjung Riau, Sekupang, Batam. 

  • Pantai Nongsa
wisata-di-batam
www.instagram.com/kevin_gt
Ingin menikmati indahnya sunset di tepi pantai yang sunyi dan jauh dari hiruk Kota Batam? Pantai Nongsa merupakan tempat yang sangat tempat. Pantai Nongsa merupakan salah satu tempat yang wajib anda kunjungin ketika berlibur di Kota Batam, karena pantai ini menawarkan sebuah pemandangan yang sangat indah dengan pasir putihnya dan suasana di sekitar pantai yang masih terkesan sangat alami.

Dengan posisi pantai yang menghadap ke barat laut yang membuat anda akan dapat menikmati indahnya sunset pada sore hari. Selain itu, pantai ini juga sangat berdekatan dengan pesisir pantai singapura bagian selatan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit menggunakan perahu motor untuk menuju Singapura. Sangking dekatnya dengan Singapura membuat para wisatawan dapat melihat secara langsung pemandangan Negara Singapura dan Malaysia. Terlebih lagi pada malam hari, gemerlapnya lampu lampu yang terpancar dari gedung gedung di Singapura membuat suasana di pantai menjadi sangat indah.


Pantai nongsa terletak di Kampung Nongsa Kel. Sambau Kec. Nongsa, Batam. Berjarak sekitar 45 menit dari pusat kota atau sekitar 20 menit dari Bandara Hang Nadim Batam. Untuk menuju ke tempat wisata batam ini wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi roda dua dan roda empat atau juga dapat menggunakan layanan taksi.



  • Pantai Sekilak
wisata-di-batam
www.instagram.com/amazingkepri/
Pantai Sekilak merupakan salah satu pantai yang sangat menarik untuk di kunjungin di kawasan Batu Besar, Nongsa Batam. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang paling sering di kunjungin oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Pantai yang luasnya seluas ini 30 hektare ini menawarkan sebuah pemandangan yang sangat indah, dengan jejeran pohon rindah yang tersusun di pinggir pantai di tambah dengan suara deburan ombak yang menghantam bebatuan besar membuat suasana di pantai ini sangat nyaman. Di tambah dengan udara di sekitar pantai yang sangat segar dan bebas dari polusi udara.

Beragam aktivitas yang anda bisa lakukan di sini seperti memancing ikan, bermain air atau berena karena pantai ini memiliki air laut yang sangat jernih,mengikuti kegiatan pelepasan anak penyu ke laut. Atau anda bisa mencoba beberapa fasilitas permainan air seperti kayak, perahu naga, banana boat dan sepeda air.

  • Pantai Tanjung Bemban
wisata-di-batam
liat.co.id
Selain Pantai Nongsa, ternyata di Kecematan Nongsa juga memiliki pantai lain yakni Pantai Tanjung Bemban. Pantai ini berada di Kecematan Nongsa atau lebih tepatnya berada di kawasan Batu Besar, sangat dengan dengan Pantai Sekilak.

Pantai Tanjung Bemban merupakan salah satu pantai yang ada di Kota Batam yang memiliki pemandangan yang sangat alami, terlebih lagi pantai di sini sangat dirawat oleh masyarakat di sekitar pantai. Dengan suasana pantai yang begitu alami dan di tambah udara yang begitu segar membuat pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bagi wisatan yang membutuhkan tempat untuk bersantai.


Jika air laut dalam kondisi surut, para wisatawan dapat melihat penduduk disekitar mencari gonggong atau siput yang menjadi makanan khas masyarakat kepulauan riau. Jika tertarik, wisatawan juga dapat mengikuti kegiatan masyarakat tersebut.


  • Pantai Melur
wisata-di-batam
www.instagram.com/netizenbatam/
Ketika anda mengunjungin tempat wisata Kampung Vietnam yang berada di Pulau Galang, tidak ada salahnya sepulang dari sana anda langsung menuju Pantai Melur yang berada tidak jauh dari Kampung Vietnam di Pulau Galang. 

Pantai Melur memiliki pasir pantai yang putih dan begitu bersih, selain itu udara yang begitu sejuk di sore hari dan deburan ombak ombak kecil yang membuat siapanpun yang mengunjungi pantai ini akan menjadi sangat betah untuk berlama lama di sini.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini mulai dari bermain voli pantai, bermain bola,bermain air, berenang, atau juga menikmati cantiknya sunset pada sore hari.



  • Pantai Melayu
wisata-di-batam
www.instagram.com/willylo/
Di Pulau Rempang terdapat satu tempat pariwisata yang sangat populer di Kota Batam yakni Pantai Melayu. Tempat wisata pantai melayu memiliki pesona keindahan pantai yang sangat eksotis tidak kalah dengan pantai yang berada di sekitarnya.

Dengan hamparan pasir putih di sepanjang pantainya dan juga popohonan yang tumbuh di sekitar pantai menambah keindahan suasana di pantai melayu. Air laut di pantai ini sangatlah jernih dan berwarna biru dengan ombaknya yang tenang sangat cocok untuk bermain air bahkan untuk mandi berenang. Disini juga terdapat wahana olahraga air yang bisa anda nikmati ketika berkunjung di pantai ini yakni banana boat.


Pantai melayu berada di Kampung Kalat, Pulau Rempang Batam. Pulau Rempang termasuk dalam gugusan pulau pulau yang dihubungkan langsung oleh Jembatan Barelang. Untuk menuju ke lokasi ini anda harus melewati jembatan ke empat dari Jembatan Barelang, sekitar 15 menit jembatan empat barelang.



  • Pantai Mirota
wisata-di-batam
www.instagram.com/nashiersb/
Selain Pantai Melur, di Pulau Galang juga terdapat sebuah pantai yang sangat selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan ketika hari libur atau akhir pekan yakni Pantai Mirota.

Pantai ini memiliki pasir pantai yang begitu putih dan sangat bersih karena selalu di jaga dan di kelolah dengan sangat baik oleh pengelolah pantai. Selain itu air laut di Pantai Mirota sangatlah bersih dengan warna hijau dan kebiruan yang membuat pemandangan di pantai ini menjadi sangat alami.

Di Pantai Mirota juga terdapat beberapa wahana olahraga air yang telah di sediakan oleh pengelolah pantai seperti banana boat, cano dan pelampung ban yang bisa anda sewa.

Dan juga terdapat tempat penginapan bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai pada malam hari.

  • Pantai Vio Vio
wisata-di-batam
www.instagram.com/yholimotret/
Pantai Vio Vio adalah salah satu tempat pariwisata pantai yang masih terbilang baru dan sudah sangat terkenal di Kota Batam. Pantai ini sangat terkenal dengan keindahan pantainya yang mampu membuat wisatawan menjadi betah untuk berlama lama di disini. 

Selain memiliki pasir pantai yang putih dan bersih, pantai Vio Vio juga memiliki spot spot tempat untuk berfoto yang sangat unik dan keren seperti ayunan yang berada di atas laut, gazebo yang tersusun rapih, jembatan yang berbentuk love. Dan yang terbaru yakni sebuah panggung berbentuk love dan 'I Love U' yang terbuat dari papan yang berada di atas bukit, dimana panggung tersebut memiliki background pemandangan pantai vio vio secara keseluruhan.

Wisatawan juga dapat melihat indahnya sunset pada sore hari, akan lebih eksotis lagi jika sunset tersebut disaksikan sambil bermain ayunan yang berada di atas laut. Wisatawan akan merasa seperti berada di Pantai Gili Trawangan yang memiliki ayunana di atas laut.

Pantai Vio Vio berada di Kampung Pulau Galang, berseberangan dengan Kampung Vietnam atau sesudah Pantai Mirota. 


EmoticonEmoticon