Rabu, 28 Maret 2018

9 Tempat Wisata Pilihan Di Lampung Yang Rekomended dan Dekat Kota

Tempat Wisata Di Lampung

Lampung merupakan salah satu kota destinasi di Sumatera yang banyak di kunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Selain karena jaraknya yang sangat dekat dengan Pulau Jawa, Lampung juga memiliki segudang tempat wisata yang tidak kalah menarik jika dibanding dengan kota kota besar lainnya seperti Lombok, Bandung, Jogja dll.

Lampung memang sangat terkenal dengan tempat wisatanya mulai dari danau, air terjun, pulau, wisata alam, tempat bersejarah,  taman bermain, hingga pantai. Bahkan beberapa dari tempat wisata yang ada di Lampung telah mendunia, tak hayal membuat Lampung menjadi salah satu favorit tujuan wisatawan untuk berlibur.


Ketika liburan ke Lampung, Ada banyak sekali tempat wisata di Lampung yang sangat menarik untuk dikunjungin, namun tidak semua tempat tersebut bisa di kunjungin. Terlebih lagi bagi para wisatawan yang memiliki keterbatasan waktu liburan yang hanya beberapa hari saja. Selain itu terdapat beberapa tempat wisata yang berada sangat jauh dari kota, sehingga membuatnya sangat sulit untuk di kunjungin.


Berikut ini beberapa tempat wisata di Lampung yang sangat wajib di kunjungi. Selain sangat terkenal, beberapa tempat tersebut juga berada di dekat kota jadi sangat gampang untuk di kunjungi. 


  • Menara Siger Lampung
tempat-wisata-di-lampung
www.instagram.com/eprabowo_official/
Bagi wisatawan yang mengunjungi Lampung melalui penyebrangan ke Bakauheni pasti akan melihat menara yang satu ini. Menara Siger adalah sebuah bangunan megah yang menjadi ikon kebanggan masyarakat Lampung. 
Bangunan megah yang memiliki tinggi 110 meter ini merupakan landmarknya Provinsi Lampung dan juga menjadi titik nol kilometer Selatan Sumatera. 

Banyak hal yang bisa wisatawan dapatkan tentang Lampung ketika mengunjungi Menara Siger ini. Karena bangunan ini berisikan data data tentang Lampung seperti letak geografis, demografis, kekayaan SDA, ideologi, hankam dll. Selain itu di menara ini juga banyak sekali spot yang menarik untuk berfoto. Terlebih lagi pada saat subuh atau sore hari, wisatawan bisa menyaksikan langsung sunrise dan sunset dari atas menara. 

Menara Siger diresmikan pada tanggal 30 April 2008 oleh Bapak Gubenur Lampung Sjachroedin Z.P. Menara ini terletak di Bukit Gamping, Bakauheni Lampung. Berada tak jauh dari pelabuhan Bakauheni, jadi sangat di rekomendasikan menuju tempat ini terlebih dahulu sebelum memulai pertualan di Lampung.


  • Pantai Pasir Putih
tempat-wisata-di-lampung
www.instagram.com/aripriyam/
Pantai Pasir Putih adalah salah satu tempat wisata pantai di Lampung yang paling terkenal. Letak yang tak jauh dari pusat Kota Bandar Lampung, berjarak sekitar 20 km atau membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Pantai ini memiliki panorama alam yang sangat indah, dengan hamparan pasir putih yang lembut di sepanjang bibir pantai di tambah dengan air lautnya yang sangat jernih membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.


Banyak kegiatan yang bisa wisatawan lakukan di pantai ini, berjalan-jalan di pinggir pantai, berfoto-foto, bermain air, mandi berenang, bermain kano. Wisatawan juga bisa bersnorkeling untuk melihat keindahan alam bawah laut yang ada di Pantai Pasir Putih.


Di sekitar Pantai Pasir Putih terdapat dua pulau yang bisa wisatawan kunjungin dengan menggunakan perahu nelayan yakni Pulau Condong dan Pulau Bule. Kedua pulau tersebut memiliki panorama alam yang tidak kalah dengan yang ada di pantai ini. Terlebih lagi Pulau Condong dengan keindahan alamnya yang sangat eksotis dan juga masih sangat alami.



  • Pulau Pahawang
tempat-wisata-di-lampung
www.instagram.com/robbysatya/
Pulau Pahawang merupakan salah satu tempat wisata bahari di Lampung yang paling terkenal, bahkan bisa di katakan bahwa Pulau Pahawang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berlibur ke Lampung. Pulau ini sangat terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya, bahkan menjadi surganya bagi yang pecinta diving atau snorkling. 

Keindahan alam bawah laut Pulau Pahawang memang sangat mempesona, dengan kekayaan biota launtya dan juga beragam terumbu karang yang tumbuh di perairan yang sangat jernih. Salah satu keindahan alam bawah laut Pulau Pahawang yang sangat terkenal adalah Taman Nemo. Di Taman Nemo wisatawan bebas melihat ikan yang nama mempunyai nama ikan giru atau ikan badut (clown fish) bebas bekeliaran di habitat alamnya.

Selain itu Pulau Pahawang juga memiliki keindahan panorama pantainya yang sangat cantik, butiran pasir pantai yang bewarna putih di tambah dengan air launya yang berwarna biru kejernian membuat wisatawan akan merasa betah untuk berlama lama di pantai.

Pulau Pahawang berada di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan. Untuk menuju pulau ini wisatawan perlu menuju Dermaga Ketapang yang memakan waktu sekitar 40 dari Kota Bandar Lampung. Selanjutnya perjalanan di lanjutkan dengan menyebrang menggunakan kapal atau perahu nelayan sekitar 20 menit. 

  • Pantai Teluk Kiluan
tempat-wisata-di-lampung
www.instagram.com/serbahserbi/
Satu lagi tempat wisata di lampung yang menjadi daya tarik wisatawan yakni Pantai Teluk Kiluan. 
Nama Pantai Teluk Kiluan memang sudah tidak asing lagi bagi wisatawan yang pernah ke Lampung terlebih lagi bagi masyarakat Lampung. Tempat wisata Pantai Teluk Kiluan merupakan salah satu tempat wisata pantai yang paling terkenal di Lampung. 

Salah satu hal yang paling terkenal di Pantai Teluk Kiluan adalah lumba-lumbanya. Karena pantai ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia membuatnya berada dalam jalur lintasan lumba-lumba. Wisatawan bisa melihat sekumpulan lumba-lumba yang berenang dan melompat secara langsung di alamnya pada pagi hari.

Pantai Teluk Kiluan memiliki pasir pantai yang berwarna putih dan halus, air lautnya yang sangat jernih berwarna hijau dan juga dangkal membuat wisatawan dapat melihat dengan jelas terumbu karang dan ikan hias yang ada di dasar laut. Dan juga di sekitar Pantai Teluk Kiluan juga terdapat Laguna Gayau atau kolam renang alami yang memiliki pemandangan sangat indah.

Pantai ini terletak di Desa Kiluan Negeri, Kecematan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus. Untuk menuju lokasi ini membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam dari Pusat Kota Bandar Lampung atau berjarak sekitar 80 km.


  • Pantai Gigi Hiu
tempat-wisata-di-lampung
www.instagram.com/zackmega/
Lampung tidak hanya memiliki pantai dengan panorama alamnya yang sangat indah namun juga memiliki pantai yang sangat unik, pantai tersebut adalah Pantai Gigi Hiu. Pantai Gigi Hiu merupakan sebuah objek wisata pantai di Lampung berupa batuan karang yang menjulan tinggi di pinggir pantai. Batuan karang yang menjulang tinggi tersebut menyerupai bentuk gigi hiu dari bentuk tersebutlah makanya pantai ini dinamakan Pantai Gigi Hiu.

Pantai Gigi Hiu tidak hanya unik dengan bentuk batu karang yang menyerupai gigi hiu namun juga memiliki keindahan panorama alam yang tiada duanya. Panorama alam di Pantai Gigi Hiu sangatlah eksotis dengan batu karang besar yang tertata secara alami di tambah dengan deburan ombak besar yang memantul di antara bantuan karang.

Moment yang paling indah adalah pada saat matahari terbit atau matahari terbenam. Pancaran warna merah jingga matahari yang terpantul di atas air yang terbias deburan ombak di antara celah-celah batuan karang besar dan tajam yang membuat setiap wisatawan akan terpesona. Dengan keindahaannya membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para fotografer yang ini berburu foto-foto keindahan alam yang sangat eksotis. 

Untuk menuju Pantai Gigi Hiu dibutuhkan waktu sekitar tiga hingga empat jam dari Kota Bandar Lampung. Terletak di Kecematan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus. Sangat dengan dengan Pantai Teluk Kiluan. Jadi sangat tepat mengunjungin tempat ini setelah berwisata ke Pantai Teluk Kiluan.

  • Air Terjun Putri Malu
tempat-wisata-di-lampung
www.instagram.com/jim_anru/
Way Kanan merupakan salah satu Kabupaten di Lampung yang terkenal karena memiliki wisata alam air terjun yang banyak. Salah satu wisata air terjun yang paling terkenal di Way Kanan adalah Air Terjun Putri Malu. Air terjun ini terletak di Kampung Juku Batu, Kecematan Banjit, Kabupaten Way Kanan.

Air Terjun Putri malu memiliki panorama alam yang sangat indah, berada di ketinggian 100 meter di atas permukan laut ditambah dengan lokasi alam yang masih sangat alami dengan hijaunya pegunungan yang terselimuti oleh hutan tropis yang masih perawan membuatnya seperti surga yang tersembunyi di Lampung.


Deburan suara air yang jatuh dari ketinggian 90 meter dan sejuknya udara di sekitar air terjun mampu melepas penat dengan seketika. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungin bagi wisatawan yang ingin melepas penat atau mencari ketenangan dari kesibukan dan rutinintas kehidupan di Kota.


Lokasi yang dekat dengan Pusat Pemerintahan Way Kanan atau berjarak sekitar 40 km dan juga akses untuk menuju tempat wisata yang sangat mudah membuat tempat wisata Air Terjun Putri Malu selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terlebih lagi pada hari libur. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini tidak hanya wisatawan lokal saja, namun juga wisatawan mancanegara.


  • Puncak Mas Sukadana Ham
tempat-wisata-di-lampung
www.instagram.com/bwproduction27/
Puncak Mas Sukadanaham atau yang biasa di sebut dengan Puncak Mas merupakan tempat wisata kekiniaan di Lampung. Tempat wisata ini termasuk tempat wisata baru yang ada di Lampung letaknya di Desa Sukadanaham Kecamatan Tanjung Karang Barat Kabupaten Bandar Lampung. 

Tempat wisata Puncak Mas menawarkan sebuah pemandangan yang tidak hanya indah namun juga keren dan tentunya sangat kece. Pengunjung bisa melihat keindahan Kota Bandar Lampung dari atas puncak. Di sini juga tersedia beberapa fasilitas wahana yang bisa digunakan seperti balon udara, sepeda gantung, area permainan anak, foodcourt, gazebo, taman dan salah satu yang paling menarik adalah rumah pohon. Dari rumah pohon ini pengunjung bisa bersantai sambil menikmati pemandangan dari atas ketinggian.

Di tempat ini juga terdapat spot untuk berfoto yang bisa digunakan untuk berburu foto atau berfoto ria bersama kekasih, keluarga, atau sahabat tentunya spot spot tersebut sangat menarik, unik dan instagramable seperti taman terbuka, jembatan cinta, sepeda gantung dan yang paling diburu oleh banyak pengujung untuk berfoto adalah rumah terbalik.


Waktu yang tepat untuk pergi ke Puncak Mas pada saat malam hari, karena pengunjung dapat melihat landscape Kota Bandar Lampung yang di penuhi lampu layaknya lautan kunang kunang dengan langit berisikan ribuan bintang yang diterangi oleh cahaya bulan yang membuat suasana di Puncak Mas sangat romantis.

  • Pantai Dewi Mandapa
tempat-wisata-di-lampung
www.instagram.com/sigitekocsudarto/
Pantai Dewi Mandapa merupakan salah satu tempat wisata pantai yang sedang hits di Lampung. Pantai ini terletak di antara Pantai Sari Ringgung dan Pantai Klara/Dermaga Ketapang, tepatnya berada di Desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran Lampung. Sangat dekat dengan  Kota Bandar Lampung, hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam untuk menuju tempat ini.

Pantai Dewi Mandapa tidak hanya memiliki pemandangan panorama alam namun juga memiliki beberapa tempat yang unik untuk berselfie dan sangat intagramable tempat tersebut yakni Pulau Cinta dan Dermaga Asmara.


Pulau Cinta merupakan sebuah pulau kecil yang bentuknya sangat mirip dengan bentuk hati. Untuk menuju Pulau Cinta wisatawa hanya berjalan di atas jerambah sambil melewati jembatan yang bertuliskan "Pulau Cinta Dewi Mandapa". Banyak kegiatan yang bisa di lakukan di pulau ini seperti berenang, bermain pasir, hunting foto. Wisatawan juga dapat bersnorkeling untuk melihat keindahan terumbuh karang.


Tempat selanjutnya yakni Dermaga Asmara, sebuah dermaga atau semacam beranda yang di bangun di antara pohon bakau. Bagi wisatawan tempat ini biasanya di jadikan spot untuk berselfie. Ada juga balkon yang unik karena memiliki payung yang berbentuk jamur.



  • Pulau Mengkudu
tempat-wisata-di-lampung
www.instagram.com/agildanupermana/
Satu lagi tempat wisata bahari di Lampung yang wajib dikunjungin yakni Pulau Mengkudu. Pulau mengkudu merupakan sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni, pulau yang luasnya hanya sekitar 2 hektar ini terletak di Desa Batu Balak, Kecamatan Rajabasa. 

Panorama alam yang dimiliki Pulau Mengkudu tidak kalah dengan Pulau Pahawang. Pulau ini memiliki air laut yang jernih dan ombak yang relatif tengan sangat cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling. Selain itu wisatawan juga bisa menikmati pemandangan Pulau Mengkudu dari ketinggian dengan cara menaiki sebuah bukit. Setiba di atas bukit akan terlihat pemandangan pulau mengkudu yang di kelilingi hamparan lautan. Sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan.


Dari atas bukit, wisatawan melanjutkan perjalan ke Pantai Batu Lapis. Pantai Batu Lapis merupakan sebuah pantai yang memiliki batu karang berlapis lapis seperti bebatuan yang ada di Tanah Lot Bali. Dengan bentuk batuan karang seperti belapis lapis atau berundak undak yang tertara rapi secara alami akan membuat decak kagum bagi yang melihatnya. Jangan lupa untuk mengabdikan momen dengan menggunakan kamera.


Jarak dari Pulau Mengkudu ke Pantai Batu Lapis sangatlah dekat, dapat dilalui dengan berjalan kaki atau bisa juga menggunakan perahu selama 10 menit.


EmoticonEmoticon