Senin, 02 April 2018

10 Tempat Wisata Pilihan Di Bengkulu Yang Rekomended dan Dekat Kota

Bengkulu merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian Barat daya Pulau Sumatera. Secara administrasi Provinsi ini berbatasan langsung dengan empat provinsi yang berada di dekatnya yakni Jambi, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Berat. Ibu Kota dari Provinsi Bengkulu adalah Kota Bengkulu.

Bengkulu sangat cocok dijadikan sebagai salah satu destinasi untuk liburan karena memiliki tempat wisata yang sangat beragam mulai dari wisata alam, wisata budaya ,hingga wisata sejarah. Salah satu dari tempat wisata sejarah yang paling terkenal di bengkulu yakni Rumah Pengasingan Bung Karno. Selain itu Bengkulu juga sangat terkenal sekali dengan bunga Rafflesia Arnoldinya, sehingga dijuluki sebagai The Land of Rafflesia atau Bumi Rafflesia,


Banyak sekali tempat wisata di Bengkulu sangat menarik untuk di kunjungin, namun beberapa dari tempat wisata tersebut berada sangat jauh dari Pusat Kota, sehingga sangat sulit untuk di kunjungi. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di bengkulu yang wajib kalian kunjungi ketika liburan di bengkulu. Tempat wisata tersebut merupakan tempat wisata pilihan dari sekian banyak tempat wisata di yang ada di bengkulu dan yang terpenting tempat wisata tersebut berada sangat dekat dengan kota sehingga sangat mudah untuk mengunjunginya.



  • Pantai Panjang
tempat-wisata-di-bengkulu
www.instagram.com/rie_ste/
Pantai Panjang adalah salah satu tempat wisata di bengkulu yang sangat populer. Sesuai dengan namanya pantai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang, panjang garis pantai ini mencapai 7 kilometer. Di sepanjang garis pantai tersebut wisatawan dapat melihat hamparan pasir putih yang menghiasi pantai dan suara deburan ombak yang membuat decak kagum bagi wisatawan yang melihatnya.

Berbagai macam aktivitas yang bisa wisatawan lakukan di sepanjang Pantai Panjang mulai dari aktivitas olahraga, berenang, bermain pasir, berjemur hingga berjalan menyelusuri bibir pantai. Di sekitar pantai panjang terdapat sebuah Sport Center yang sering di manfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk berolahraga. 

Pantai ini terletak di 3 kecamatan antara lain Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara, dan Kecamatan Ratu Samban. Berjarak sekitar 4 km dari Pusat Kota. Untuk menuju pantai Panjang wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan angkutan umum yang menuju ke tempat ini.



  • Rumah Pengasingan Bung Karno
tempat-wisata-di-bengkulu
www.instagram.com/danau_holidays/
Tidak jauh dari Jalan Simpang Lima terdapat sebuah rumah yang dulunya pernah dihuni oleh Presiden Pertama Indonesia yaitu Bapak Dr. Ir. H. Soekarno atau yang biasa di panggil dengan Bung Karno. Rumah tersebut di jadikan sebagai tempat tahanan oleh Pemerintah Belanda untuk mengasingkan Bung Karno. Saat ini bangunan tersebut dikelolah oleh Dinas Budaya Provinsi Bengkulu dan dijadikan sebagai tempat wisata sejarah yang dikenal dengan nama Rumah Pengasingan Bung Karno. 

Ketika mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno wisatawan akan merasakan seperti kembali ke masa lalu. Banyaknya barang barang peninggalan Seokarno yang masih tersimpan rapih dirumah ini seperti ranjang besi, koleksi buku yang berbahasa belanda, seragam group tonil Monte Carlo. Foto foto Soekarno dengan keluarganya yang terpajang hampir di setiap seluruh ruangan. Dan yang paling menarik adalah adanya sebuah sepeda tua yang digunakan oleh Soekarno selama tinggal di Bengkulu

Ada satu hal yang tidak boleh wisatawan lewatkan pada saat mengunjungi tempat wisata bersejarah ini yakni mencuci muka dengan air sumur yang ada di tempat ini. Konon air sumur tersebut dapat membuat awet muda dan menjadikah wajah menjadi ganteng atau cantik.

Rumah Pengasingan Bungkarno terletak di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu. Akses untuk menuju ketempat wisata ini sangat mudah karena berada di Pusat Kota. Dan juga terdapat angkutan umum yang menuju ke tempat ini.

  • Benteng Marlborough
tempat-wisata-di-bengkulu
www.instagram.com/arthaerlangga28/
Selain Rumah Pengasingan Bungkarno Bengkulu juga memiliki tempat wisata sejarah yang lain yakni Benteng Marlborough. Benteng ini terletak di Jalan Benteng, Kebun Kelik, Teluk Segara, Kota Bengkulu. Benteng ini berada di Pusat Kota, jadi untuk menuju ke sini wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum.

Benteng Marlborough merupakan benteng peninggalan inggris pada saat masa penjajahannya. Bentuknya yang masih sama seperti dulu, belum pernah di renovasi sama sekali. Benteng ini sangat terawat dengan rapi sehingga terlihat jelas peninggalan yang masih tersisah seperti beberapa buah meriam yang masih utuh, dan juga terdapat tiga makam kuno.

Benteng ini tidak hanya memiliki nilai sejarah yang tinggi namun juga memiliki pemandangan yang sangat indah karena posisinya yang menghadap laut lepas dan berdekatan dengan Pantai Tapak Padri. Ketika berada di bagian rooftop wisatawan pada melihat sebuah pemandangan laut lepas yang sangat indah. Dan juga di beberapa sudut Beteng Marlborough juga terdapat spot foto yang sangat cantik seperti di ruangan penjara, di halaman tengah yang berisikan beberapa meriam, dan juga di bagian atas benteng, di pintu besar gerbang pertama, barak tentara hingga bastion yang menghadap ke laut lepas.


Di sekitar Benteng Marlborough terdapat dua pantai yang sangat berdekatan yakni Pantai Tapak Padri dan Pantai Panjang, jadi wisatawan dapat mengujungi tempat tersebut setelah mengujungin benteng ini ataupun sebaliknya.


  • Pulau Tikus
tempat-wisata-di-bengkulu
www.instagram.com/hitzz.bengkulu/
Selain pantai, Bengkulu juga memiliki tempat wisata bahari yang sangat populer yakni Pulau Tikus. Pulau ini berukuran sangat kecil dimana luasnya hanya sekitar 2 hektare. Meskipun kecil namun pulau ini memiliki terumbu karang yang sangat luas sekitar 200 hektare 

Pulau Tikus merupakan salah satu tempat wisata bahari di Lampung yang sangat populer. Meskipun luasnya hanya sekitar 2 hektar namun pulau ini memiliki pemandangan bawah laut yang indah dan mempesona dengan terumbu karang yang sangat luas yakni sekitar 200 hektar. Ketika bersnorkeling wisatawan tidak hanya melihat keindahan pemandangan bawah laut saja namu juga ikut berinteraksi dengan biota laut.

Selain snorkeling masih banyak aktivitas yang bisa wisatawan lakukan di Pulau Tikus seperti berjalan di pinggir pantai sambil mengitari pulau, berenang, bermain air ataupun berjemur di atas pasir putih sambil menikmati pemandangan disekitar pulau. Ombak di pulau ini cukup amat jadi sangat memungkinkan untuk melakukan aktivitas berenang dan bersnorkeling. 

Pulau Tikus terletak di sebelah barat Kota Bengkulu, jaraknya sekitar 10 km dari Pusat Kota Bengkulu. Untuk menuju ke tempat ini wisatawan dapat menggunakan perahu nelayan dengan waktu tempuh sekitar 1 jam namun jika menggunakan speed boat maka waktu tempuh menjadi 45 menit dari pelabuhan.

  • Pantai Sungai Suci
tempat-wisata-di-bengkulu
www.instagram.com/misteraladin/
Pantai Sungai Suci merupakan objek wisata di bengkulu tengah, objek wisata ini memiliki keindahan alam yang sangat indah. Wisatawan dapat menikmati panorama deretan pepohonan yang tumbuh di pinggir bebatuan dan hamparan pasir putih yang terbentang di sepanjang garis pantai. Dan juga pemandangan lautan lepas yang bewarna biru ditambah dengan hembusan angin laut membuat setiap wisatawan ingin berlama lama di tempat ini.

Di pinggir pantai terdapat sebuah pulau kecil yang terbentuk secara alami, untuk menuju pulau tersebut wisatawan harus melewati sepasang jembatan gantung. Di atas jembatan gantung tersebutlah merupakan tempat favorit para wisatawan untuk berfoto karena pemandangannya yang sangat intagramable.

Setibanya di pulau kecil ini wisatawan dapat bersantai di tempat duduk yang berada di bawah pohon sambil menikmati pemandangan laut lepas dan deruan suara ombak yang menghantam bebatuan cadas di pinggir pulau.

Pantai Sungai Suci terletak di Bengkulu Tengah, tepatnya di Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa. Karena tidak adanya angkutan umum yang menuju ke tempat ini maka wisatawan wajib menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua. Jaraknya sekitar 20 km dari Pusar Kota Bengkulu, dengan waktu tempat kurang lebih 45 menit.

  • Bukit Kaba Dan Cagar Alam Bunga Rafflesia Arnoldi
tempat-wisata-di-bengkulu
www.instagram.com/nuuaditya/
Bagi kalian yang mempunyai hobi hiking maka kalian wajib untuk mencoba mendaki Gunung Api Bukit Kaba yang satu ini. Bukit Kaba atau Gunung Kaba merupakan sebuah gunung berapi dengan ketinggian 1.938 mdpl yang terletak di Kabupaten Rejan Rebong. Bukit Kaba sangat cocok bagi pendaki pumula selain karena tidak terlalu tinggi, bukit ini juga memiliki jalur trek yang sangat mudah untuk dilalui.

Bukit Kaba menawarkan panorama alam yang sangat indah, di awal pendakian wisatawan akan melihat panorama kebun sayur dan buah-buahan milik penduduk yang menghijau membentang luas di kaki Bukit Kaba. Di puncak gunung terdapat tiga buah kawah yang mempunyai warna yang berbeda. 

Bukit Kaba masih termasuk dalam ke dalam cagar alam untuk perlindungan bunga Rafflesia. Jadi jika beruntung wisatawan mungkin akan menemukan Bunga Rafflesia yang sedang mekar. Bengkulu memang habibatat asli Bunga Rafflesia, jadi bunga tersebut dapat tumbuh subur di seluruh wilayah Bengkulu. 

Bukit Kaba terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Sepuluh Rejang, Kabupaten Rejang Rebong, Bengkulu. Jarak Bukit ini dari kota Curup sekitar 15 km namun dari Kota Bengkulu sekitar 90 km.

  • Pantai Linau
tempat-wisata-di-bengkulu
www.instagram.com/oktarifans/
Nama Pantai Linau sepertinya memang terdengar asing bagi para wisatawan yang baru berkunjung ke Bengkulu. Namun bagi masyarakat di sekitar Kabupaten Kaur, pantai ini merupakan tempat wisata favorit di Bengkulu Selatan. Bisa di katakan bahwa Pantai Linau adalah salah satu pantai terindah di Bengkulu.

Pantai Linau memiliki panorama yang sangat eksotis, pasir pantainya yang berwarna putih dan sangat bersih ditambah dengan jernihnya air laut yang berwarna biru mudah membuat pantai ini seperti pantai pantai yang ada di wilayah Timur Indonesia.

Selain berenang wisatawan bisa melakukan aktivitas skorkeling di pantai ini. Pantai Linau  juga memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah dengan hamparan terumbu karangnya yang masih asli. Ombak di pantai ini masih terbilang sangat kecil, jadi sangat aman bagi wisatawan yang ingin berenang ataupun snorkeling.


Terletak di Jalan Lintas Barat, Linau, Maje, Kabupaten Kaur, Bengkulu. Memang letak Pantai Linau sangat jauh dari Kota Bengkulu, membutuhkan waktu sekitar 4-5 untuk menuju lokasi ini. Meskipun jauh namun wisatawan tidak akan merasa rugi mengujungi pantai ini jika sudah melihat keindahan yang dimiliki oleh Pantai Linau.


  • Kebun Teh Bukit Daun
tempat-wisata-di-bengkulu
www.instagram.com/rekamata/
Bengkulu tidak hanya memiliki tempat wisata sejarah dan juga tempat wisata bahari saja namun juga memiliki tempat agrowisata yakni Kebun Teh Bukit Daun. Agrowisata Kebun Teh Bukit Daun berada di Kecamatan Bermani Ulu, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Kebun teh ini mempunyai panorama alam yang sangat indah. Dengan luas perkebunan mencapai 264 hektar yang membentang hijau di sepanjang bukit yang berkelok kelok.

Udaranya yang sejuk merupakan ciri khas udara perbukitan di tambah dengan suasana yang sangat tenang dan nyaman membuat wisatawan akan sangat betah untuk berlama lama di sini. Tempat wisata Kebun Teh Bukit Daun sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk menghilangkan penat dari sibuknya kehidupan di perkotaan. Wisatawan tidak hanya dapat melihat pemandangan alam di sekitar tempat ini, namun juga dapat menyaksikan aktivitas masyarakat di yang sedang memetik daun teh di kebun ini.

Untuk menuju Objek Wisata Kebun Teh Bukit Daun wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Jaraknya sekitar 25 km dari Kota Curup dan 80 km jika dari Kota Bengkulu dengan waktu tempuh sekitar 3 jam berkendara.


  • Air Terjun Suban Dan Pemandian Air Panas
tempat-wisata-di-bengkulu
www.instagram.com/rama.dhanputra/
Air Terjun Suban merupakan salah satu tempat wisata air terjun di Bengkulu. Air terjun ini memiliki keunikan yang jarang ditemui di tempat wisata air terjun lainnya yakni berada dalam satu tempat wisata pemandian air panas. Bisa di katakan dalam satu tempat wisata memiliki dua objek wisata yang berbeda.

Banyak kegiatan yang bisa wisatawan lakukan ketika mengunjungin tempat wisata di Curup ini mulai dari bermain air untuk menikmati sejuk dan segar air terjun, sekedar foto foto di air terjun, hingga menikmati hangatnya tempat pemandian air panas. Dapat menikmati sejuknya air terjun dan hangatnya pemandian air panas dalam satu tempat wisata merupakan sebuah pengalaman yang tidak akan pernah terlupan ketika berwisata di Air Terjun Suban ini.

Selain beberapa kegiatan di atas wisatawan juga bisa mandi berenang di kolam renang yang ada pada tempat ini. Fasilitas di tempat ini memang sangat lengkap jadi tak heran kalau tempat wisata Air Terjun Suban Dan Pemandian Air Panas selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Tempat wisata ini terletak di pinggir jalan raya Curup-Lubuk Linggau atau lebih tempatnya berada di Desa Penantian, Kecamatan Pasemah Air Teruh, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Jaraknya sekitar 90 km dari Kota Bengkulu dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam lebih, namun jika dari Kota Curup hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit berkendara dengan jarak sekitar 6 km. 

  • Pantai Jakat
tempat-wisata-di-bengkulu
www.instagram.com/sukmatjandra/
Satu lagi tempat wisata pantai di bengkulu yang sangat seru untuk bermain air selain Pantai Panjang. Pantai tersebut adalah Pantai Jakat, letaknya sangat dengan Pusat Kota Bengkulu. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati serunya bermain air di pantai. Pantai Jakat memiliki kondisi pantai yang landai memudahkan wisatawan untuk bermain air di bibir pantai. Dan juga ombaknya yang relatif tenang sehingga sangat aman bagi wisatawan yang ingin berenang di pantai ini.

Selain itu wisatawan juga bisa mencoba beberapa wahana permainan yang ada di tempat ini seperti banana boat dan juga jetsky. Atau juga bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling pantai.
Pantai Jakat juga memiliki pemandangan yang sangat eksotis terlebih lagi pada saat matahari tenggelam. 

Salah satu alasan pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan adalah letaknya yang sangat dekat dengan Kota Bengkulu, Berjarak sekitar 1 km dari Pusat Kota Bengkulu. Tepatnya berada di Jl. Bencoolen, Kecamatan Bajak, Kelurahan Teluk Segara, Kota Bengkulu. Untuk menuju ke tempat ini disarankan wisatawan menggunakan pribadi baik roda dua ataupun roda empat, karena tidak ada angkutan umum yang berhenti di pinggir pantai.


EmoticonEmoticon