Rabu, 04 April 2018

8 Tempat Wisata Bahari Di Bangka Yang Rekomended dan Dekat Kota

Tempat Wisata Bahari Di Bangka

Bangka Atau Pulau Bangka adalah salah satu Kabupaten dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau yang terletak di pesisir sebelah Timur Sumatera ini sangat terkenal akan sumber daya alamnya yakni timah, bahkan pulau ini merupakan salah satu wilayah penghasil timah di Dunia.

Selain memiliki sumber daya alam timah yang sangat melimpah, Pulau Bangka juga memiliki berbagai macam pilihan tempat wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi. Letaknya yang berada di bagian pesisir membuat Pulau Bangka memiliki pesona wisata bahari yang sangat memukau.


Tempat wisata di Bangka di dominasi oleh wisata pantai. Pulau ini memiliki berbagai macam pilihan tempat wisata pantai yang memiliki pemandangan yang sangat indah tidak kalah dengan tempat wisata bahari yang ada di Pulau Lombok. Selain itu juga terdapat beberapa wisata pulau dan wisata sejarah yang menjadi daya tarik wisatawan.


Berikut ini adalah beberapa pilihan tempat wisata Bangka yang bisa kalian kunjungi. Beberapa tempat wisata Pulau Bangka ini berada di dekat Kota jadi sangat mudah untuk mengujunginya.



  • Pulau Ketawai
tempat-wisata-di-bangka
www.instagram.com/syifasyauqy/
Pulau Ketawai adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang tidak berpenghuni di Bangka yang sangat menarik untuk di singgahi. Dengan luas area pulau sekitar 30 hektare, membuat pulau ini sebagai salah satu tempat wisata unggulan di Bangka.

Tempat wisata di Bangka Tengah ini memiliki memiliki pemandangan yang indah dengan jernihnya air laut yang mengelilingi pulau dan hamparan pasir putihnya yang sangat mempesona. Deretan pohon kelapa yang tumbuh di bibir pantai membuat suasana di sekitar pantai menjadi teduh dan sangat sejuk.

Pulau Ketawai memiliki ombak yang cukup tenang sehingga memungkinkan wisatawan untuk berenang dan juga bersnorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang di pulau ini. Namun diharapkan untuk membawa alat snorkeling sendiri karena di pulau ini tidak terdapat penyewaan alat snorkeling dan menyelam.


Letak Pulau Ketawai ini berada di Desa Kura, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah. Waktu yang dibutuhkan untuk menuju tempat wisata di Bangka ini sekitar satu jam dari Desa Kurau dengan menggunakan perahu motor atau kapal nelayan. Jika memulai perjalanan dari Bandara Depati Amir maka wisatawan harus menuju Desa Kurau dengan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan roda empat.



  • Pantai Parai Tenggiri
tempat-wisata-di-bangka
www.instagram.com/01agungkurniawan/
Di Desa Sinar Baru terdapat sebuah pantai yang memiliki panorama yang sangat eksotis pantai tersebut adalah Pantai Parai Tenggiri. Pantai ini terletak di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat Kabupaten Bangka.

Pantai Parai Tenggiri merupakan pantai andalan masyarakat Bangka. Air laut di pantai ini berwarna hijau tosca dengan hamparan pasir pantai yang putih dan sangat bersih. Ditambah dengan bebatuan granit yang besar dan tertata secara alami yang menambah keindahan pantai ini.


Memancing adalah salah satu aktivitas favorit yang biasa wisatawan lakukan ketika berkunjung ke pantai ini, selian itu wisatawan juga dapat melakukan beberapa kegiatan lain yang sangat seru seperti berenang, snorkeling. Bisa juga mencoba beberapa aktivitas yang dapat memacu adrenalin seperti bermain jetski dan bermain banana boat.


Untuk menuju Pantai Parai Tenggiri wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua ataupun roda empat. Jaraknya sekitar 40 km dari Bandara Depati Amir dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.


  • Pantai Matras
tempat-wisata-di-bangka
www.instagram.com/gamankama/
Pantai Matras merupakan salah satu tempat wisata bahari yang terletak di Sungai Liat. Pantai ini memiliki pasir putih dengan tekstur yang sangat halus dengan air lautnya yang bening menjadikan pantai ini sebagai salah satu pantai yang paling indah di Pulau Bangka.

Panjang Pantai Matras mencapai 3 km dan lebarnya pantai sekitar 30 meter dengan bentuk permukaannya yang landai membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin bermain air ataupun mandi berenang. Wisatawan yang datang tidak hanya berasal dari masyarakat Bangka sendiri melainkan wisatawan domestik dan mancanegara.


Suasana di Pantai Matras sangat tenang dan nyaman dengan pemandangan pepohonan kelapa dan laut yang bening sehingga membuat pengujung sangat senang untuk berlama-lama di tempat ini. Di sebelah selatan terdapat kumpulan bebatuan granit yang membuat pemandangan di sekitar pantai sangat eksotis.


Lokasi Pantai Matras sangat mudah untuk di jangkau karena berada di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Pulau Bangka. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi dengan jarak pantai ini sekitar 7 km dari Kota Sungai Liat.



  • Pantai Rambak
tempat-wisata-di-bangka
www.instagram.com/widyalaras_/
Sungai Liat yang merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Bangka memang memiliki pantai-pantai dengan pemandangan yang sangat cantik salah satunya yakni Pantai Rambak. Hampir sama dengan beberapa pantai di Sungai Liat pada umumnya pantai ini juga memiliki pasir putih yang bersih dengan air laut yang berwarna biru kejernian. Selain itu terdapat juga batu batu granit dengan ukuran besar yang tersusun secara alami menambah keindahan pantai ini.

Dengan ombak lautnya yang relatif tenang wisatawan dapat bebas untuk bermain air ataupun berenang di pantai ini. Selain berenang masih banyak kegiatan yang dapat wisatawan lakukan seperti berjemur, bersantai menikmati pemandangan, berfoto ria karena banyak sekali spot foto yang menarik. Terdapat sebuah moment yang sangat sayang di lewatkan bagi wisatawan yang suka menikmati pemandangan pantai yakni menikmati keindahan matahari terbit. 

Di sekitar pantai terdapat gubuk dan juga warung-warung yang menyajikan makanan sehingga wisatawan tidak perlu takut untuk kelaparan ketika berwisata ke Pantai Rambak. Pantai ini sangat dekat sekali dengan Pusat Kota Sungai Liat hanya berjarak sekitar 10 kilometer.

  • Pantai Tikus Emas
tempat-wisata-di-bangka
www.instagram.com/andreeisme/
Pantai Tikus Emas merupakan salah satu tempat wisata pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini terletak di Sungai Liat, berbatasan langsung dengan Pantai Tikus. Pantai Tikus dan Pantai Tikus Emas adalah dua pantai yang namanya sangat mirip dan juga letaknya berdekatan, namun kedua pantai tersebut mempunyai pemandangan yang berbedah.

Pantai Tikus Emas memiliki panorama pantai yang sangat indah. Bentangan pasir pantai yang putih dan bersih dengan air laut yang jernih berwarna kebiruan membuat takjub setiap mata yang memandang. Rimbunnya pepohonan cemara yang tubuh subur di pinggir pantai membuat suasana disekitar pantai menjadi teduh dan juga sangat sejuk.

Di Pantai ini terdapat beberapa fasilitas permainan air yang dapat di nikmati seperti jet ski dan banana boat. Dan juga beberapa permainan lainnya yang tak kalah seru seperti ATV, flying fox dll. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa warung yang menyediakan berbagai macam kuliner. 

Letak Pantai Tikus Emas di Parit Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka. Jaraknya sekitar 45 menit dari Pusat Kota Pangkal Pinang, atau sekitar 90 menit dari Bandara Depati Amir.


  • Pantai Tongaci
tempat-wisata-di-bangka
www.instagram.com/muna_kayla/
Dari sekian banyak tempat wisata pantai di Bangka mungkin Pantai Tongaci adalah salah satu tempat wisata patai yang paling hits dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini tidak hanya memiliki pemandangan pantai yang indah namun juga memiliki rekreasi permainan yang banyak dan juga sebagai tempat penangkaran penyu.

Di Pantai Tongaci terdapat sebuah tempat penangkaran penyu yang berisikan ratusan penyu hijau dan penyu sisik yang mana penyu penyu tersebut sudah terancam punah. Penangkaran penyu tersebut tidak hanyak dijadikan sebagai tempat wisata bahari namun juga sebagai serana edukasi bagi pengujung yang datang.

Selain itu di pantai ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas olahraga air yang menambah keseruan liburan di pantai tongasi seperti jet ski, banana boat surfing dll. 

Letak Pantai Tongaci sangatlah strategi sehingga sangat mudah untuk di kunjungi karena berada dekat dengan Kota Sungai Liat atau lebih tempatnya berada di Desa Kampung Pasir, Kelurahan Sinar Baru, Sungai Liat. Membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Kota Sungai Liat atua sekitar 1 jam Dari Kota Pangkal Pinang.

  • Pantai Tanjung Pesona
tempat-wisata-di-bangka
www.instagram.com/abdugp/
Pantai Tanjung Pesona terletak di Desa Rambak, Kecamatan Sungai Liat. Jaraknya sangat dekat dengan Pusat Kota Sungai Liat hanya sekitar 9 km. Perjalanan dapat di tempat dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. 

Sama halnya dengan pantai lain yang ada di Bangka, Pantai Tanjung Pesona juga memiliki pasir pantai yang berwarna putih dengan butirannya yang lembut. Air lautnya yang jernih dengan warna biru membuat siapapun ini merasakan sensansi untuk berenang. Jajaran susunan batu granit yang tersusun secara alami menambah pemandangan pantai sangat eksotis.

Di sekitar pantai terdapat dua buah jembatan yang panjang dan membentang ke arah laut lepas. Di ujung jembatan terdapat sebuah pondong yang bisa wisatawan gunakan untuk melihat keindahan menyeluruh Pantai Tanjung Pesona. Fasilitas di pantai ini juga sangat lengkap dan juga terdapat sebuah water sport yang memiliki berbagai macam jenis olahraga air seperti cano, bananan boat, jet sky, speed boat tour.


  • Pantai Penyusuk
tempat-wisata-di-bangka
www.instagram.com/babelkeren.co/
Di Belinyu terdapat sebuah pantai yang menjadi salah satu tempat wisata favorit di Bangka Utara pantai tersebut adalah Pantai Penyusuk. Pantai ini terletak di Jalan Penyusuk, Belinyu, Bukit Ketok, Kabupaten Bangka. Sebagian besar dari Pantai ini terdiri dari bebatuan granit yang ukurannya  berbagai macam. Batu granit tersebut tersusun secara alami di bibir pantai yang luasnya kurang lebih 4 km.

Di sekitar pantai terdapat empat buah pulau yang bisa wisatawan kunjungi dengan menggunakan perahu kapal milik penduduk di sekitar. Pulau tersebut yang membuat gelombang di pantai ini menjadi sangat tenang sehingga wisatawan bisa puas untuk bermain air ataupun berenang dengan aman.

Suasana di Pantai Penyusuk sangatlah tenang di tambah dengan rimbunnya pepohonan yang tumbuh di pinggir pantai yang menjadikan suasana sangat sejuk. Di sekitar pantai terdapat banyak sekali tempat penginapan untuk menginap bagi wisatawan yang berasal dari luar kota. 


EmoticonEmoticon