Sabtu, 31 Maret 2018

Tempat Wisata Sumber Sirah: Serunya Snorkeling Di Tengah Hutan

Banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika berada di Malang. Mulai dari wisata pantai, wisata gunung, hingga wisata sumber air. Malang memiliki beberapa tempat Wisata Sumber Air yang wajib di kunjungin salah satunya yakni Wisata Sumber Sirah. 

Tempat Wisata Sumber Sirah Terletak di Kecamatan Gondang Legi. Tempat wisata ini sempat viral di sosial media akibat beberapa netizen yang mengupload foto tentang keindahan Sumber Sirah. Setelah itu tempat ini ramai di kunjungi oleh wisatawan yang penasaran dengan foto yang viral tersebut.



tempat-wisata-sumber-sirah
www.instagram.com/n.rohman321/
Hingga kini telah banyak netizen yang telah mengupload foto keindahan Sumber Sirah di Instagram. Untuk melihatnya anda bisa mencari di Instagram dengan menggunakan hastag #sumbersirah.


Wisata Sumber Sirah

Sumber Sirah merupakan tempat wisata berupa sumber mata air yang berbentuk kolam atau telaga yang mana di pinggirnya di beri benton sebagai pembatas. Air yang mengalir di Sumber Sirah sangat jernih sekali, sehingga akan terlihat jelas sekali dasar dari kolam yang berisikan tanaman tanaman hijau sejenis ganggang hijau, pasir halus yang bewarna hitam, bebatuan kecil dan ikan ikan kecil yang membuat pemandangannya menjadi sangat alami.


tempat-wisata-sumber-sirah
www.instagram.com/anatorins/
Selain mememiliki kolam air yang jernih dengan pemandangan layaknya seperti sebuah aquascape, pemandangan alam disekitar tempat ini juga masih alami, terasa sejuk karena di kelilingi hutan dan perkebunanan warga sekitar seperti tebu dan kebun kelapa. Sangat cocok sebagai tempat refreshing dari kesibukan kehidupan di perkotaan.


Tentang Sumber Sirah

Istilah nama Sumber Sirah sendiri berasal dari dua bahasa yang berbeda, Sumber berasal dari bahasa jawa yang artinya mata air. Sedangkan Sirah sendiri berasal dari bahasa sunda yang artinya juga hampir sama yakni sumber mata air. Dari artinya sendiri sudah menjelaskan bahwa tempat ini merupakan sebuah tempat sumber mata air. 

Air yang keluar membentuk menjadi sebuah telaga yang kemudian diberi pembatas dengan beton. Airnya sangat jernih sekali sehingga akan terlihat dasar kolam atau telaga yang berisikan tumbuhan hijau, ikan ikan kecil, dan bebatuan. 


Air Sumber Sirah di manfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai sumber irigasi. Air tersebut di alirkan ke sawah sawah milik penduduk yang berada di sekitar Sumber Sirah. Lintasa Aliran air tersebut di jadikan pengelolah tempat ini sebagai olahraga air yakni River Tubbing. Pengunjung bisa melakukan aktivitas river tubbing menggunakan ban untuk mengapung di sepanjang aliran sungai hingga pada batas yang telah diberikan oleh pengelolah tempat ini.



Aktivitas Di Sumber Sirah

Meskipun hanya sebuah sumber mata air yang membentuk sebuah kolam atau telaga, namun banyak kegiatan yang pengunjung bisa lakukan di tempat ini mulai dari berenang, snorkeling, hingga mencoba olahraga air yaitu river tubbing.

Dengan airnya yang sangat bening sehingga membuat setiap pengenjung yang datang pasti ingin merasakan sensasinya dengan menceburkan dirinya dan berenang ke dalam telaga. Berenang di tempat ini sangatlah menyenangkan karena airnya yang jernih dan juga sangat segar karena berasal dari mata air, sangat jauh berbeda jika di bandingkan dengan berenang di kolam renang pada umumnya yang airnya di campur dengan kaporit atau pun berenang di laut yang airnya terasa asin.

tempat-wisata-sumber-sirah
www.instagram.com/seorangsahabat/
Kedalaman Sumber Sirah sekitar 0.7 meter sampai dengan 1,5 meter jadi sangat aman untuk pengunjung yang tidak bisa berenang untuk tetap bermain air. Ketika berenang, pengunjung sangat tidak di perbolehkan untuk melakukan lompatan ke dalam telaga karena kedalaman telaga yang sangat dangkal dan juga terdapat bebatuan di dasar telaga. 

Selain berenang, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan snorkeling untuk melihat keindahan dasar telaga yang berisi gangga hijau yang di hiasi ikan ikan kecil. Jika ingin menggunakan peralatan snorkeling tetapi tidak membawanya, pengunjung bisa menyewanya di rumah penduduk di sekitar Sumber Sirah.

Ketika melakukan snorkeling ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan oleh pengunjung yakni mengambil foto bawah air. Keindahan pemandangan bawah air di Sumber Sirah ini sangatlah instagramable sekali, dengan air yang jernih yang di hiasi dengan tumbuhan gangga berwarna hijau dan ikan ikan kecil akan membuat foto fotomu menjadi kece.


tempat-wisata-sumber-sirah
www.instagram.com/bluendes_/
Setelah puas berenang dan bersnorkeling, selanjutnya pengunjung bisa mencoba wahana lain yang tak kalah seru yakni river tubbing. Hanya dengan menyewa ban di tempat penyewaan ban, pengunjung sudah bisa mencoba kegiatan river tubbing. Mengapung menggunakan ban di atas aliran air yang mengalir ke arah sawah penduduk sambil melihat pemandangan di sekitar Sumber Sirah yang bernuansa pedesaan merupakan sesuatu hal yang sangat sulit untuk kamu temui di kota kota lain.


Fasilitas Di Sumber Sirah

Meskipun berada di dekat hutan namun tempat wisata Sumber Sirah memiliki fasilitas yang tergolong lengkap seperti tempat parkir kendaraan, toilet, kamar mandi, warung makan, dan juga kios yang menyewakan peralatan berenang dan ban. Dengan adanya fasilitas tersebut pengunjung tidak perlu khawatir jika tidak membawa peralatan berenang atau snorkeling karena semuanya telah di sediakan oleh pengelolah tempat ini. 

Alamat Sumber Sirah

Terletak di Jalan Sunan Gunung Jati, Desa Sumberjaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 20 km dari Pusat Kota Malang dengan waktu tempuh sekitar 20 sampai 30 menit berkendara. Karena kurangnya petunjuk jalan untuk menuju lokasi jadi di sarankan untuk bertanya kepada penduduk di sekitar atau juga bisa menggunakan aplikasi maps sebagai penujuk arah.


Tiket Masuk Sumber Sirah

Biaya untuk masuk ke Sumber Sirah sangatlah murah pengunjung hanya membayar Rp.1000 per tiket. Jika datang membawa kendaraan maka pengunjung perlu membayar uang parkir kendaraan dengan biaya Rp.2000 untuk setiap kendaraan motor dan Rp.5000 untuk setiap kendaraan mobil. 

Selain itu pengunjung juga harus membayar jika ingin menggunakan fasilitas toilet atau kamar mandi,  dan juga menyewa ban jika ingin mencoba wahana river tubbing.

1 komentar so far

First time kesini sekitar thn 2015, dan selanjutnya pada thn 2017, lokasi nggak seramai yang sekarang, surga dibawah air katanya hehe. Banyak ikan kecil kecil, namun lokasi yang nggak terlalu besar tidak bisa menampung banyak orang, fasilitas toilet dan ruang ganti pun masih minim dan seadanya. Overall okelah, sesuai dengan biaya masuk yang murah meriah.
--
Travel Malang Jember


EmoticonEmoticon