Jumat, 30 Maret 2018

14 Pilihan Tempat Wisata Air Terjun Di Lampung Yang Cantik Dan Terkenal

Wisata Air Terjun Di Lampung

Selain di kenal sebagai penghasil lada hitam, ternyata Lampung juga memiliki tempat wisata pantai yang sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan telah mendunia. Letaknya yang berbatasan langsung dengan samudra hindia membuat Lampung dikelilingi oleh banyak sekali pantai pantai yang sangat cantik. Tidak hanya pantai, di lampung juga terdapat beberapa tempat wisata lain yang mulai terkenal salah satunya yakni tempat wisata air terjun.

Memiliki wilayah dengan kontur berbukit membuat Lampung memiliki banyak sekali tempat wisata air terjun, tempat wisata air terjun di Lampung tidaklah kalah dengan kota kota lainnya yang ada di Indonesia.


Mengunjungi tempat wisata air terjun sangatlah menyenangkan, karena dapat menenangkan pikiran terutama bagi orang yang mempunyai hari hari selalu di penuhi dengan kesibukan pekerjaan. Jika anda datang untuk liburan ke Lampung, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata air terjun di Lampung. Berikut beberapa tempat wisata air terjun di Lampung yang bisa anda kunjungi.



  • Air Terjun Gangsa
wisata-air-terjun-di-lampung
www.instagram.com/yohaahmad_420/
Air Terjun Gangsa merupakan salah satu tempat wisata favorit masyarakat Way Kanan. Berada di Desa Kota Way, Kabupaten Way Kanan. Untuk menuju tempat ini anda harus menuju Baradatu, jika perjalanan di mulai dari Bandar Lampung maka akan memerlukan waktu sekitar 4 jam. Setelah sampai di Baradatu maka perjalanan di selanjutnya akan memakan waktu sekitar 90 menit untuk menuju Desa Kota Way tempat Air terjun gangsa. 

Rasa penat yang didapat selama perjalanan akan seketika hilang ketika melihat pemandangan di sini. Bahkan bisa di katakan bahwa perjalanan ke Air Terjun Gangsa merupakan perjalanan untuk mencari surga yang tersembunyi.

  • Air Terjun Tanah Longsor
wisata-air-terjun-di-lampung
www.instagram.com/masteguh78/
Air terjun ini terletak di Padang Cermin Kabupaten Pesawaran Lampung. Letaknya berada cukup jauh dari pusat Kota Bandar Lampung, membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam dengan menggunakan kendaraan roda dua. 

Air Terjun Tanah Longsor memiliki tiga ruas air yang mengalir dari atas yang membuatnya sangat indah. Airnya sangat bening dan juga sejuk membuat wisatawan yang datang akan tergoda untuk bermain air.

  • Curup Air Hitam
wisata-air-terjun-di-lampung
www.instagram.com/endangguntorocanggu/
Curup Air Hitam atau masyarakat di sekitar menyebutnya Curup Mbah Gimo atau Air Terjun Mbah Gimo merupakan salah satu curup yang ada di Lampung Barat. Letaknya di kawasan Tangkit Temiangan Kecamatan Air Hitam Lampung Barat. Waktu yang dibutuhkan untuk menuju tempat ini dari Bandar Lampung sekitar 5 jam.

Perjalanan untuk menuju Curup Air Hitam memanglah sangat jauh jika dari Pusat Kota Bandar Lampung. Namun banyak wisatawan yang menganggap perjalanan tersebut sebagai tantangan tersendiri, terlebih lagi bagi yang menyukai petualang.



  • Air Terjun Banyu Mandiri
wisata-air-terjun-di-lampung
www.instagram.com/andymaulanaazis/
Jika anda ingin menikmati keseruan bermain air yang dingin seperti air es maka anda harus datang ke Air Terjun Banyu Mandiri. Air terjun ini terletak di Dusun Sidodadi Desa Pesawaran Kecamatan Way Rantai Kabupaten Pesawaran Lampung atau membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Pusat Kota Bandar Lampung.

Di tempat ini terdapat 2 air terjun air terjun yang pertama yakni Air Terjun Banyu Mandiri 1 dan yang kedua Air Terjun Banyu Mandiri 2. Untuk menuju Air Terjun Banyu Mandiri 2 wisatawan harus berjalan nanjak ke bagian atas selama 15 menit.

  • Air Terjun Jarum
wisata-air-terjun-di-lampung
www.instagram.com/gandigandi222/
Curup Jarum atau yang biasa di kenal dengan nama Air Terjun Kembar merupakan tempat wisata air terjun yang berada di Dusun Pasir Jadi Desa Datar Lebuay, Air Naningan, Kabupaten Tanggamus. Air terjun ini memiliki debit air yang sangat deras bahkan termasuk air terjun yang memiliki debit air paling deras di Lampung.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi air terjun ini yakni pada musim hujan, karena aliran Air terjun jarum akan terbagi menjadi dua bagian yang membuatnya semakin indah. Namun jika mengunjunginya pada saat kemarau aliran airnya tinggal satu. 

  • Air Terjun Ciupang
wisata-air-terjun-di-lampung
www.instagram.com/oyiiin_/
Padang Cermin memang sangat terkenal dengan tempat wisatanya salah satunya yakni Air Terjun Ciupang. Air Terjun Ciupang memiliki pemandangan yang sangat indah dan juga sangat alami karena belum adanya campur tangan manusia. Selain itu bebatuannya memiliki tatakan yang dapat digunakan untuk memanjatnya.

Air terjun ini juga sangat mudah untuk ditemukan karena berada dekat dengan perkampungan warga. Berada di Dusun Purwajaya Desa Sumberjaya Kecematan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran Lampung. Hanya membutuhkan waktu 15 menit berjalan kaki dari Dusun Purwajaya ke Air Terjun Ciupang.

  • Air Terjun Way Tayas
wisata-air-terjun-di-lampung
www.instagram.com/bistailham_/

Gunung Rajabasa ternyata memiliki tempat wisata air terjun yang belum banyak diketahui oleh masyarakat terutama para wisatawan. Curup Pangkul atau biasa di kenal dengan nama Air Terjun Way Tayas merupakan tempat wisata air terjun yang berada di kaki Gunung Rajabasa. Terletak di Dusun Pangkul, Desa Sukaraja, Kecematan Kalianda, Lampung Selatan. 

Air Terjun Way Tayas masih sangat alami dan tentunya pemandangan di air terjun ini sangatlah cantik dan sangat indah. Jika beruntung kamu akan melihat pelangi di air terjun ini yang membuat pemandangannya seperti sebuah lukisan. Pemandangan di air terjun ini sangat cocok untuk dijadikan spot untuk berfoto.


  • Curug Sarmun
wisata-air-terjun-di-lampung
www.instagram.com/momooooo__/
Curug Sarmun merupakan salah satu tempat wisata air terjun yang terletak di lereng sebelah timur Gunung Rajabasa atau lebih tepatnya berada di Desa Cugung, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. Untuk menuju lokasi ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Kota Kalianda, dari Desa Cugung perjalanan di lanjutkan dengan berjalan sekitar 500 meter untuk menuju air terjun. 

Dalam perjalanan menuju Curug Sarmun akan tersaji beberapa pemandangan alam yang sangat indah seperti sawah bertingkat yang berada di kaki Gunung Rajabasa, pemandangan air laut yang sangat menawan dan juga anda bisa melihat pulau mengkudu dari kejauhan. Sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan. Setiba di Curug Sarmun anda bisa menikmati pemandangan di sekitar lokasi curug atau bermain air.

  • Air Terjun Kaliawi
wisata-air-terjun-di-lampung
www.instagram.com/wahyu_noris/
Gunung Rejo juga memiliki tempat wisata air terjun yang tidak kalah dengan yang ada di Gunung Rajabasa. Air terjun tersebut bernama Air Terjun Kaliawi atau Air Terjung Gunung Rejo. Air terjun ini terletak di Dusun Kaliawi, Desa Gunung Rejo, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Saat ini Air Terjun Kaliawi di kelolah oleh Badan Usaha Milik Desa Gunung Rejo. Di lokasi air terjun terdapat fasilitas pondokan bambu yang dapat digunakan untuk beristirahat dan juga terdapat ruang ganti yang bisa digunakan bagi pengunjung untuk mengganti baju. 

  • Air Terjun Putri Malu
wisata-air-terjun-di-lampung
www.instagram.com/jim_anru/
Way Kanan memang sangat terkenal dengan tempat wisatanya, salah satunya yakni tempat wisata Air Terjun Putri Malu. Air Terjun Putri Malu merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Lampung bahkan tempat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten Way Kanan.

Air Terjun Putri Malu memiliki panorama alam yang sangat indah dan juga sejuk, selain itu lokasi di sekitar air terjun masih sangat alami dan asri sekali di tambah dengan panorama hijaunya pegunungan membuat tempat ini di juluki sebagai surga yang tersembunyi di lampung. 

Air terjun ini berada di Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan. Berjarak sekitar 30 km dari Baradatu. Akses jalan untuk menuju lokasi masih belum bagus, hanya bisa di lalui oleh kendaraan roda dua. Meskipun demikian tempat ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

  • Air Terjun Curup Tujuh
wisata-air-terjun-di-lampung
www.instagram.com/atte_niea_septia/
Lampung Tengah memiliki salah satu objek wisata yang belum begitu dikenal oleh masyarakat luas, objek wisata tersebut yakni Air Terjun Curup Tujuh. Objek Wisata Curup Tujuh berada di Desa Margajaya, Kecamatan Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah. Berjarak sekitar 135 km dari Bandara Radin Intan.

Istilah kata curup tujuh berasal dari kata curup yang artinya air terjun dan tujuh merupakan jumlah tingkatan pada air terjun ini. Air Terjun Curup Tujuh memiliki 7 tingkatan air yang jatuh dengan tingginya yang mencapai 75 meter. Tempat wisata ini memiliki pesona keindahan yang sangat cantik. Selain itu di sekitar lokasi air terjun juga terdapat lokasi perkemahan yang dapat digunakan untuk berkemah.

  • air terjun sinar tiga
wisata-air-terjun-di-lampung
www.instagram.com/masteguh78/
Air Terjun Sinar Tiga adalah salah satu dari beberapa tempat wisata air terjun di Padang Cerming. Sesuai namanya air terjun ini terletak di Dusun Sinar Tiga, Desa Harapan Jaya,  Kecamatan Padang Cerming, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Jarak dari lokasi air terjun ini ke pusat kota Bandar Lampung sekitar 57 km, perjalanan dapat di tempuh menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Pemandangan di Air Terjun Sinar Tiga masih alami dan juga masih sangat asri karena tempat yang berbatasan langsung dengan hutan lindung. Debit air terjun ini tidak terlalu besar jadi dapat membuat wisatawan bisa bermain di bawah air terjun secara langsung. Di lokasi Air Terjun Sinar Tiga juga terdapat beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh wisatawan seperti tempat istirahat dan kamar mandi yang digunakan untuk mengganti pakaian.

  • Air Terjun Way Lalaan
wisata-air-terjun-di-lampung
www.instagram.com/adilfirdaus1/
Di kaki Gunung Tanggamus terdapat tempat wisata air terjun yang sangat menarik untuk di kunjungi, tempat wisata air terjun tersebut bernama Air Terjun Way Lalaan. Air terjun ini terletak di Desa Pekon Kampung Baru, Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Jaraknya sekitar 80 km dari Kota Bandar Lampung atau menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Banyak kegiatan yang bisa di lakukan wisatawan disini seperti berenang karena air terjun ini memiliki air yang sangat jenih dan juga segar, atau menelusuri kawasan hutan durian. Jika musim durian tiba, wisatawan dapat bebas makan durian di tempat ini. Selain itu tempat wisata Air Terjun Way Lalaan memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari kamar mandi, mushola, area parkir dan juga banyaknya penjual makanan yang berjualan.


  • Air Terjun Lembah Pelangi
wisata-air-terjun-di-lampung
www.instagram.com/deprijr95/
Air Terjun Lembah Pelangi merupakan salah satu tempat wisata air terjun yang sangat unik yang terletak di Pekon Sukamaju, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Keunikan yang dimiliki oleh Air Terjun Lembah Pelangi yakni Air Terjun ini terdiri dari tiga air terjun yang mana air terjun utama berada di paling atas dan dua air terjun lainnya berada di bawah.
Keunikan selanjutnya yakni sesuai dengan namanya 'Lembah Pelangi' pengunjung bisa melihat pelangi yang dihasilkan dari percikan air pada saat matahari sedang terik. Keunikan lainnya adalah terdapat sumber air panas di dekat air terjun bawah yang bisa wisatawan nikmati untuk berendam menikmati hangatnya air setelah bermain air terjun. 


EmoticonEmoticon