Kamis, 29 Maret 2018

11 Tempat Wisata Pantai Di Lampung Yang Paling Terkenal

Lampung adalah sebuah Provinsi di Sumatera yang terletak di bagian paling pulau Sumatera. Provinsi ini sering disebut sebagai pintu gerbangnya pulau Sumatera hal tersebut dikarenakan semua jalur transportasi darat baik dari Sumatera ke Pulau Jawa ataupun sebaliknya selalu melalui Provinsi Lampung. Provinsi Lampung memiliki sejuta pesona alam yang sangat menakjubkan akan keindahannya mulai dari wisata alam, tempat bersejarah, air terjun, taman bermain, hingga pantai.

Pantai adalah salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi karena dapat menyegarkan pikiran dengan panorama laut yang begitu indah dan udara yang sangat segar. Selain menyegarkan pikiran, banyak kegiatan yang dapat dilakukan ketika berwisata ke pantai seperti bermain air, mandi berenang, memancing, menyelam hingga berfoto foto di pantai.


Lampung mempunyai tempat wisata pantai yang sangat menarik untuk di kunjungi, bahkan beberapa tempat wisata pantai di Lampung sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan di dunia. Jika anda ingin berwisata pantai di lampung, maka anda wajib mengunjungi beberapa tempat wisata di Lampung berikut ini:



  • Pantai Pasir Putih
wisata-pantai-di-lampung
www.instagram.com/aripriyam/

Pantai Pasir Putih merupakan salah satu tempat wisata pantai yang paling terkenal di Lampung. Pantai ini berada di jalan trans Sumatra, Tarahan, Kapubaten Lampung Selatan. Sesuai dengan namanya pantai ini memiliki pasir pantai yang bewarna putih dan juga pasirnya sangatlah lembut.


Beragam aktivitas yang bisa wisatawan lakukan di pantai ini mulai dari berjemur di atas pasir putih yang lembut sambil menikmati suasa pantai, berenang, bermain kano, snorkeling hingga surfing.

Jika wisatawan ingin mencoba bersnorkeling namun tidak membawa peralatan jangan khawatir, di sini semua peralatan sudah tersedia dengan lengkap.

Akses menuju ke tempat wisata Pantai Pasir Putih tidak begitu sulit karena dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun menggunakan angkutan umum. Berjarak sekitar 45 km dari Kota Bandar Lampung atau membutuhkan waktu tempuh sekitar 30-45 menit.

  • Pantai Teluk Kiluan
wisata-pantai-di-lampung
www.instagram.com/destarizkya/
Pantai Teluk Kiluan adalah salah satu pantai yang sangat populer di Lampung, pantai ini sangat cocok di jadikan destinasi liburan bagi orang yang ingin refreshing dari jenuhnya rutininas kehidupan di Kota. Selain terkenal akan keindahan pantainya, pantai keluk kiluan juga sangat terkenal dengan lumba lumbanya. Ya jika anda mengunjungi kawansan Pantai Teluk Kiluan anda dapat melihat sekawanan lumba lumba liar yang selalu melintas pada pagi hari di sekitar Teluk Kiluan, tidak hanya lumba lumba wisatawan juga dapat melihat ikan paus jika pergi ke tengah lauh di pantai ini.

Waktu yang tepat untuk melihat lumba lumba adalah pada saat musim kemarau yakni sekitar bulan april sampai bulan september. Selain melihat kawanan lumba lumba, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan snorkeling untuk melihat keindahan alam bawah laut di sekitar Pantai Teluk Kilauan.


Tempat wisata Pantai Teluk Kiluan berada di Desa Kiluan, Lampung Selatan. Untuk menuju ke Teluk Kilauan membutuhkan waktu sekitar 3 - 4 jam dari Kota Bandar Lampung dengan jarak tempuh sekitar 80 km. Akses jalan menuju ke Pantai Teluk Kilaun masih belum mulus dan juga jalannya yang berliku liku, jadi di sarankan jangan menggunakan kendaraan pribadi yang terlalu rendah seperti mobil sedan.



  • Pantai Tanjung Setia
wisata-pantai-di-lampung
www.instagram.com/raja_wisata/
Jika anda mempunyai hobi berselancar atau surfing maka anda tidak perlu repot jauh jauh pergi ke Pulau Bali karena di Lampung juga terdapat tempat terbaik untuk surfing yang tidak kalah dengan Pantai di Pulau Bali tempat tersebut adalah Pantai Tanjung Setia.

Pantai ini memang sangat terkenal dengan ombaknya, dimana ombak pada pantai ini dapat mencapai ketinggian hingga 7 meter, hal tersebutlah yang membuat Pantai Tanjung Setia menjadi surganya para peselancar. Selain memiliki ombak yang tinggi, Pantai Tanjung Setia juga memiliki pemandangan panorama alam yang sangat indah yang dapat memukau para wisatawan. Pasir pantai yang berwarna putih dan air laut yang sangat jernih dan juga lingkungan di sekitar pantai. Pada sore hari para wisatawan dapat menyaksikan pemandangan golden sunset yang sangat menakjubkan mata.


Pantai Tanjung Setia berada di Desa Tanjung Setia, Lampung Barat. Berjarak sekitar 273 km dari Bandar Lampung atau memakan waktu tempuh sekitar 7-8 jam. Akses jalan menuju tempat wisata pantai di Lampung ini cukup mulus meskipun jalan yang dilalui berupa lereng yang berliku liku.


  • Pantai Sari Ringgung
wisata-pantai-di-lampung
www.instagram.com/luckyferdianto/
Pantai Sari Ringgung adalah salah satu tempat wisata pantai yang sangat unik. Pantai yang berada di Desa Sidodadi ini patut menjadi salah satu destinasi liburan ketika berada di Lampung. Keunikan yang ada di Pantai Sari Ringgung yakni terdapat sebuah masjid terapung yang berada di sekitar kawasan pantai dan juga pasir timbulnya yang membuat para wisatawan berbondong bondong datang untuk melihat keunikan yang ada di Pantai Sari Ringgung ini.

Panorama alam yang dihadirkan di Pantai Sari Ringgung juga tidak kalah dengan pantai lainnya yang ada di Lampung. Dengan air lautnya yang berwarna biru bening, pasir pantainya berwarna putih yang dapat menghipnotis para wisatawan yang dapat ke pantai ini. Terdapat beberapa wahana olahraga air yang tersedia disini seperti banana boat, speedboad, waterboom dan juga beberapa permainan lainnya. 

Untuk menuju Pantai Sari Ringgung wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Pantai ini berada di Desa Sidodadi Kec. Padang Cerming Kab. Pesawaran Lampung. Membutuhkan waktu sekitar 60 menit dari Kota Bandar Lampung, dimana akses jalan yang menuju pantai ini sedikit rusak dan sering terdapat jalan yang berlubang jadi pastikan terlebih dahulu bahwa kendaraan yang ingin anda gunakan dalam kondisi fisik yang baik sebelum pergi ke tempat wisata di Lampung ini.

  • Pantai Klara
wisata-pantai-di-lampung
www.instagram.com/irvandiadvanture/
Apa yang terlintas di pikiran kalian jika melihat pantai yang memiliki air laut yang sangat bening? Kebanyakan orang pasti akan menjawab ingin berenang. Ketika mengunjui Pantai Klara, para wisatawan akan terpesona melihat keindahan alam yang ada di pantai ini. Pantai Klara sangat terkenal dengan air lautnya yang sangat bening, sangking beningnya para wisatawan dapat melihat secara langsung dasar laut yang berisikan pasir putih yang sangat halus.

Selain memiliki air laut yang sangat bening, di pantai klara juga memiliki pasir pantai yang sangat halus dimana ombak di pantai ini sangat tenang sehingga membuat wisatawan sangat nyaman untuk bermain air atau berenang di pantai ini.

Di Pantai Klara terdapat tumbuhan pohon kelapa yang tersusun rapih dan rapat di sepanjang pantai yang seluas 1,5 hektare, hal tersebutlah yang membuat pantai ini dijuluki oleh masyarakat sekitar engan nama pantai klara atau pantai kelapa rapat.

Pantai Klara berada tidak jauh dari pusat Kota Bandar Lampung dengan waktu jarak tempuh sekitar 45-60 menit. Di karenakan tidak ada angkutan umum yang menuju ke tempat wisata ini maka wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi.

  • Pantai Mutun
wisata-pantai-di-lampung
www.instagram.com/yoannanda/
Pantai Mutun adalah salah satu tempat wisata pantai di lampung yang wajib kalian kunjungi ketika berlibur bersama keluarga. Di pantai ini tidak hanya memiliki keindahan alamnya saja namun juga memiliki wahana permainan yang sangat banyak seperti pondokan atau saung saung, perahu, kano, banana boat serta areana outbound. Mungkin tidak kebayang bagaimana rasanya menikmati suasana pantai yang begitu indah sambil bermain outbound bersama keluarga.

Air laut di Pantai Mutun sangatlah jernih jadi sangat cocok buat para wisatawan yang suka melakukan snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut pantai mutun. Di sekitar Pantai Mutun juga terdapat sebuah pulau yang masih sangat alami yakni Pulau Tangkil. Pemandangan di Pulau Tangkil sangat lah eksotis, terlebih lagi pada malam hari. Selain itu di Pulau Tangkil juga terdapat wanaha permainan yang sangat banyak mulai dari waterspot, ATV, arena outbound, argo wisata dan juga beberapa menginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam di Pulau Tangkil.


Untuk menuju Pulau Tangkil wisatawan dapat menyewa perahu atau kano yang telah disediakan oleh pengelolah pantai. Membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menuju pulau tankil dengan menggunakan perahu atau kano.


Tempat wisata Pantai Mutun berada di Desa Sukajaya Kec. Pandang Cermin. Jarak lokasi Pantai Mutun ke pusat Kota Bandar Lampung sangatlah dekat sekitar 30 km atau memakan waktu sekitar 30 menit. Akses jalan yang sangat bagus membuat semua kendaraan dapat digunakan untuk menuju tempat ini.



  • Pantai Gigi Hiu
wisata-pantai-di-lampung
www.instagram.com/manbutur/
Pantai yang satu ini sangatlah unik dan sangat berbeda dengan pantai pada umumnya yang ada di lampung. Dimana Pantai Gigi Hiu merupakan objek wisata pantai yang terdiri dari gugusan batuan karang berbentu lancip yang besar dan menjulang tinggi seperti tebing yang tersusun secara alami di pinggir pantai.  

Banyaknya wisatawan menyebut pantai ini dengan nama Pantai Gigi Hiu karena gugusan bantuan karang seperti gigi hiu, namun masyarakat sekitar pantai menyebut tempat ini sebagai Pantai Batu Layar dikarenakan gugusan batu karang sangat mirip dengan layar perahu yang sedang berkembang.

Panorama alam yang dihadirkan di Pantai Gigi Hiu membuat setiap wisatawan selalu berdecak kagung, terlebih lagi menjelang matahari terbit atau terbenam. Pemandangan indah nan eksotis dari pancaran matahari di sela sela tebing karang yang besar di tambah deburan ombak yang menghantam batuan karang.

Meskipun lokasi Pantai Gigi Hiu sangatlah jauh membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam dari pusat Kota Bandar Lampung, namun semua akan terbayar lunas dengan keindahan alam yang di pancarkan di tempat ini. Pantai ini sangat dekat dengan Pantai Teluk Kiluan sekitar 6-7 km, hanya saja kondisi jalan yang masih jelek membuat perjalanan dapat memakan waktu tempuh hingga 1 jam.

  • Pantai Embe
wisata-pantai-di-lampung
www.instagram.com/sefry_yamin/
Sebagian orang ada yang menginginkan suasana pantai yang ramai, namun ada juga yang menginginkan suasana pantai yang sepi untuk mencari ketenangan ketika berlibur di pantai. Jika anda ingin mencari ketenangan ketika liburan di pantai maka Pantai Embe merupakan tempat yang tepat.

Pantai Embe memang tergolong pantai yang masih sepi dikunjungi oleh wisatawan, hal tersebut bukan berarti Pantai Embe tidak sebagus pantai lainnya. Pantai Embe juga memiliki panorama alam yang sangat indah, dimana air lautnya yang berwarna biru dan pasir pantainya berwarna putih membuat siapapun yang datang ke pantai ini merasakan ingin berlama lama di sini, di tambah lagi dengan pemandangan Gunung Rajabasa yang seakan akan seperti melihat sebuah lukisan.

Fasilitas di Pantai Embe terbilang lengkap mulai dari area permainan tradisional, pujasera, toile, mushola, area parkir yang luas, gazebo, lapangan voli pantai hingga beberapa wahana olahlaraga air lainnya. Hal tersebut dikarenakan pantai ini memang dikelolah dengan sangat baik oleh bakrie group selaku pengelolah Pantai Embe. 

Pantai Eembe terletak di Desa Merak Belantung Kecematan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Pantai ini sangat mudah di temui karena berdekatan dengan Grand Elty Krakatoa Resort  atau berjarak sekitar 90 menit dari Kota Bandar Lampung.


  • Pantai Wartawan
wisata-pantai-di-lampung
www.instagram.com/bukan_tukangfoto/

Jika biasanya sumber air panas berada di dataran tinggi atau berada di dekat gunung namun di Pantai Wartawan sangatlah berbeda. Pantai Wartawan memiliki sebuah fenomena yang sangat unik yang jarang ditemui di pantai pantai lainnya. Fenomena unik yang terjadi di Pantai Wartawan yakni adanya sebuah sumber air panas yang keluar dari bebatuan di sekitar pantai. Sumber air panas tersebut berasal dari Anak Gunung Krakatau yang masih aktif saat ini.

Selain melihat fenomena unik, wisatawan juga dapat melihat keindahan alam yang ada di pantai wartawan sambil mencoba untuk merebus berbagai macam bahan makanan seperti telur, udang, ikan dll. Jika tidak membawa bahan makanan maka dapat membelinya langsung ke nelayan.

Fenomena sumber air panas hanya dapat di nikmati ketika air surut saja, karena jika air pasang maka sumber air panas tersebut akan tenggelam oleh air lauk yang pasang.

Tempat wisata pantai wartawan berada di Desa Way Muli, Kecematan Rajabasa. Berada tempat di pinggir jalan raya yang menghubungkan antara Rajabasa dengan Kota Kalianda. Akses jalan yang bagus membuat para wisatawan sangat mudah untuk menuju tempat wisata Pantai Wartawan.

  • Pantai Batu Lapis
wisata-pantai-di-lampung
www.instagram.com/maghdalenaa/
Pantai Batu Lapis merupakan salah satu pantai yang sangat unik di Lampung selain Pantai Gigi Hiu. Keunikan yang dimiliki Pantai Batu Lapis menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke pantai ini. Di Pantai Batu Lapis para wisatawan akan melihat sebuah pemandangan yang sangat berbeda dari pantai biasanya, di mana terdapat sebuah batuan karang yang berbentuk berlapis lapis yang tersusun rapi. 

Para wisatawan yang datang ke tempat ini biasanya menghabiskan waktu untuk bersantai sambil melihat keindahan alam di pantai batu lapis. Keindahan alam di pantai ini sangatlah cantik, ditambah lagi dengan panorama Anak Gunung Krakatau dan Pulau Mengkudu yang membuat tempat ini semakin eksotis. Namun banyak juga wisatawan yang datang ke Pantai Batu Lapis untuk berfoto foto, karena banyak sekali tempat spot untuk berfoto di tempat ini.

Di dekat pantai batu lapis terdapat sebuah Pulau Mengkudu yang bisa wisatawan kunjungin dengan menggunakan perahu milik nelayan di sekitar pantai. Pulau mengkudu memiliki pemandangan yang sangat alami sangat cocok di jadikan tempat bersantai ketika liburan.

Pantai Batu Lapis berada di Desa Totoharjo Kecematan Bakauheni, Lampung Selatan. Untuk menuju ke tempat wisata pantai ini wisatawan harus menuju ke Pantai Kahai, selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu nelayan selama 20 menit untuk sampai ke Pantai Batu Lapis.

  • Pantai Dewi Mandapa
wisata-pantai-di-lampung
www.instagram.com/erick_c_s/
Pantai Dewi Mandapa merupakan salah satu tempat wisata di Lampung sangat terkenal, terutama di kalangan anak mudah. Jika biasanya wisatawan datang ke pantai untuk bermain air atau mandi berenang maka di Pantai Dewi Mandapa sangatlah berbeda, kebanyakan wisatawan yang datang ke tempat ini untuk berfoto foto ria.

Di Pantai Dewi Mandapa banyak sekali spot foto yang menarik dan instagrammable yang sangat sayang jika di lewatkan. Di sini terdapat dua tempat favorit para pengunjung untuk berfoto yakni Pulau Cinta dan Dermaga Asmara. Pulau Cinta merupakan sebuah pulau kecil yang terdiri dari pasir timbul yang berbentu love. Sedangkan Dermaga Asmara merupakan sebuah dermaga yang dibuat sedemikian rupa menggunakan kayu dimana dermaga tersebut terdapat tumbuhan bakau yang sangat lebat.

Dari dua tempat tersebut, terdapat beberapa tempat spot yang sangat unik seperti balkon yang memiliki payung seperti jamur,  sebuah jerambah dimana terdapat gambar love dan juga gambar dua ekor lumba lumbah yang saling berhadapan yang di atasnya bertuliskan 'pulau cinta'.

Terdapat dua jalur untuk menuju Pantai Dewi Mandapa, jalur pertama dengan melewati Jalan Pramuk dilanjutkan ke Jalan Teuku Cik Ditiro dan kemudian melalui Jalan Rade Imba menuju ke Padang Cermin. Atau menggunakan jalur kedua dengan melewati jalan kota menuju Teluk Betung melewati kawasan Kantor Pemerintahan Kota dan sampai ke Kawasan Gudang Garam di lanjutkan dengan mengikuti jalur yang menuju ke Padang Cermin. Akses jalan untuk masuk ke pantai Dewin Mandapa masih belum di aspal.


EmoticonEmoticon